Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Khasiat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Cegah Osteoporosis

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 620 2356326 deretan-khasiat-susu-kedelai-untuk-kesehatan-bisa-cegah-osteoporosis-KWOFmnqW8b.jpg Susu kedelai memberi banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Jcomp/Freepik)
A A A

KHASIAT susu kedelai sudah diketahui banyak orang. Sebab, banyak nutrisi terkandung di susu kedelai. Mulai asam lemak esensial, serat, vitamin, hingga mineral. Semuanya baik karena bisa mengoptimalkan fungsi tubuh.

Susu kedelai dibuat melalui proses perendaman, penghalusan, dan perebusan kacang kedelai dengan air. Rasa yang dihasilkan juga enak dan menimbulkan mual.

Baca juga: Pagi-Pagi Minum Susu Almond Yuk, Simak Manfaatnya untuk Tubuh 

Lalu apa saja manfaat yang diberikan susu kedelai? Berikut enam di antaranya, seperti dikutip dari Fitday.

1. Membantu menurunkan berat badan

Secangkir susu hanya mengandung 80 kalori yang setara dengan susu skim. Susu kedelai juga lebih rendah gula daripada susu lainnya. Serat yang dimilikinya bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Kedelai. (Foto: Medicalnewstoday)

2. Mencegah osteoporosis

Fitoesterogen pada kedelai juga dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh guna mencegah osteoporosis. Untuk hasil maksimal, pastikan meminum susunya dengan yang dilengkapi ekstra kalsium dan vitamin D.

Baca juga:  Yuk Bikin Susu Panggang yang Lagi Viral di Medsos, Ini Resepnya 

3. Memperkuat pembuluh darah

Asam lemak omega 3, omega 6, dan phyto-antioksidan yang kuat pada kedelai dapat secara efektif melindungi pembuluh darah dari lesi dan perdarahan.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Mencegah sindrom pasca-menopause

Wanita yang menopause, esterogennya akan berkurang secara tiba-tiba dan memunculkan berbagai masalah kesehatan. Dengan mengonsumsi kedelai yang memiliki fitoesterogen dapat membantunya mencegah datangnya sindrom ini.

Baca juga: Suka Minum Susu Kambing? Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh 

5. Mencegah kanker prostat

Menurut penelitian, pria yang mengonsumsi susu kedelai lebih kecil memiliki kemungkinan dalam perkembangan kanker prostat. Ini karena sumber fitostrogennya yang dapat menghambat produksi tetosteron pada pria.

6. Memperbaiki profil lipid

Meminum susu kedelai baik untuk penderita kolesterol tinggi atau memiliki riwayat penyakit jantung koroner. Ini disebabkan susu kedelai mampu meningkatkan profil lipid darah. Susu ini memiliki 0 kolesterol, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda sehingga dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke aliran darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini