Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Rahasia Jaga Kesehatan di Usia Tua, Yuk Dicoba

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 620 2356699 5-rahasia-jaga-kesehatan-di-usia-tua-yuk-dicoba-b0W18hhCJL.jpg Olahraga salah satu cara ampuh menjaga kesehatan di usia tua. (Foto: Tikko Maciel/Unsplash)

USIA tua harus diimbangi dengan aktivitas yang bermanfaat. Misalnya, kegiatan yang bisa menjaga kondisi fisik dan mental. Pasalnya, menjaga perasaan, pikiran, serta tubuh dari luar dan dalam menjadi sangat penting di usia yang sudah tidak muda lagi.

Usia tua bukan berarti melemah. Maka itu, harus tetap menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia. Setiap orang memiliki kendali lebih besar atas fisik dan emosional diri.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Makan Makanan Kolesterol Tinggi 

Seperti dirangkum dari WebMD, Kamis (4/2/2021), berikut lima rahasia tetap mendapatkan kebiasaan hidup yang lebih baik saat sudah menua.

1. Olahraga

Hampir semua masalah kesehatan disarankan mengatasinya dengan tetap aktif olahraga. Hal ini karena dapat mengurangi risiko penyakit terkait usia dan meningkatkan kualitas hidup. Anda bisa mulai menargetkan sekira 30 menit untuk latihan aerobik sedang di hampir setiap hari (total 2½ jam per minggu). Anda juga dapat melakukan kegiatan sederhana seperti lebih sering naik turun tangga, memotong rumput, jalan-jalan, dan olahraga ringan lainnya.

Ilustrasi diet. (Foto: Loius Hansel/Unsplash)

2. Hentikan diet Yo-Yo

Ini adalah diet dengan siklus menurunkan berat badan, menambah berat badan kembali, kemudian mengulangi siklus tersebut dengan diet lain (dokter menyebutnya "siklus berat"). Beberapa penelitian mengaitkan siklus berat ini dengan gejala depresi, risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta diabetes tipe 2.

Alih-alih berdiet, cobalah membuat pilihan sehat lain. Bicarakan dengan dokter apa yang tubuh Anda butuhkan, karena kesehatan setiap orang berbeda-beda. Penuhi makanan sehat seperti buah, sayuran, protein, dan biji-bijian. Minumlah air yang cukup untuk membantu ginjal mengeluarkan racun dari tubuh.

Baca juga: 6 Cara Alami Cegah Diabetes, Minum Air Putih hingga Konsumsi Makanan Berserat 

3. Tingkatkan kinerja otak

Ketika otak melambat karena seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mudah melupakan banyak hal. Oleh karena itu, guna menjaga daya ingat memori otak, Anda bisa mempelajari keterampilan baru, melakukan hobi baru, atau pekerjaan lainnya yang membuat otot mental Anda tetap bekerja. Gunakan kalender, catatan, atau aplikasi untuk aktivitas rutin, sehingga Anda dapat mengosongkan ruang mental untuk mempelajari hal-hal baru atau mengingat hal-hal penting.

4. Berjemur atau minum vitamin D

Sinar matahari meningkatkan suplai vitamin D. Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membantu Anda tetap sehat secara fisik. Sinar matahari telah terbukti meningkatkan kadar endorfin, bahan kimia yang membuat Anda merasa nyaman dalam tubuh. Jika Anda tidak dapat terkena sinar matahari setiap hari, karena alasan medis atau lainnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang suplemen vitamin D.

Baca juga: Peneliti Temukan Gerakan Kepala Buat Redakan Sakit Vertigo 

5. Tetap terhubung dengan orang lain

Hubungan sosial sangat penting bagi semua manusia. Penelitian telah mengaitkan kesepian dengan risiko kesehatan yang buruk yang lebih tinggi, bahkan kematian.

Banyak cara untuk melawan kesepian. Anda mungkin bisa mengikuti kelas, bergabung dengan klub buku, menghidupkan kembali persahabatan lama, atau menjadi sukarelawan untuk organisasi tempat Anda dapat menjalin hubungan sosial yang baru dan bermakna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini