Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sakit Kepala, Atasi dengan 6 Obat Rumahan Ini Saja

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 02:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 620 2356743 sakit-kepala-atasi-dengan-6-obat-rumahan-ini-saja-20BKnJrbMt.jpg Ilustrasi sakit kepala. (Foto: Katemangostar/Freepik)

SAKIT kepala, lemas, atau tubuh tidak stabil ternyata bisa diatasi dengan obat rumahan. Obat ini biasanya banyak tersedia di rumah, jadi bisa cepat digunakan untuk keadaan darurat.

Sakit kepala sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor. Misalnya, reaksi atau efek samping obat-obatan, atau tubuh sedang sangat lelah. Jika dibiarkan bisa menyebabkan sakit kepala atau gejala lain yang lebih berbahaya.

Baca juga: 5 Bahan Rumahan untuk Redakan Batuk, Tenggorokan Plong

Bicaralah dengan dokter untuk gejala yang lebih serius. Tapi, Anda bisa mencoba beberapa obat rumahan untuk mengatasi pusing sakit kepala secara sementara supaya mengembalikan keseimbangan tubuh.

Apa saja obat rumah penghilang sakit kepala tersebut? Berikut ini daftarnya, seperti dilansir The Healthy.

Minum air. (Foto: Theoddsey)

1. Minum air sebelum makan

Makan bisa menyebabkan penurunan tekanan darah. Ini bisa membuat Anda merasa sakit kepala atau pusing. Untuk meringankannya, sebuah penelitian yang diungkap di jurnal Clinical Nutrition menemukan hipotensi postprandial. Ini berarti terapkan dengan meminum segelas air 15 menit sebelum makan.

2. Hindari mandi air panas yang lama

Air panas memang sangat menghangatkan dan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun, menurut Tania Elliott MD, instruktur klinis dalam kedokteran di NYU Langone di New York, panas dapat melebarkan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga bisa membuat merasa pusing. Anda bisa mandi dengan air hangat dan batasi sampai 10 menit.

Baca juga: Alami Kulit Kering? Atasi Pakai 7 Bahan Rumahan Ini Saja 

3. Minum teh jahe

Jahe memberikan banyak manfaat, termasuk mengurangi mabuk perjalanan pada orang yang rentan terhadapnya. Cobalah menyesap teh jahe sebelum melakukan perjalanan.

4. Makan biji-bijian

Menurut Harvard Heart Letter, makanan berat yang dicerna tubuh Anda dengan cepat, seperti nasi putih, kentang, dan makanan dengan tepung dan gula halus, dapat menyebabkan gula darah turun sehingga membuat Anda merasa pusing. Untuk menghindarinya, Anda bisa makan makanan berserat tinggi yang dicerna dengan lambat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, atau daging tanpa lemak seperti ikan dan ayam.

Baca juga: Menderita karena Sariawan? Yuk Atasi Pakai 6 Obat Rumahan Ini 

5. Pijat

Menurut Mayo Clinic, perasaan cemas dapat memicu pusing. Jadi, aktivitas santai yang meningkatkan rasa tenang dapat membantu meringankan pusing akibat korsleting. Pijatan yang menenangkan dengan minyak esensial lavender dapat membantu meringankan pusing Anda.

6. Tetap terhidrasi

Pastikan untuk tetap terhidrasi sepenuhnya, terutama saat Anda sakit, berolahraga, atau saat cuaca panas. Hal ini dilakukan demi mencegah hipotensi ortostatik atau postural, tekanan darah rendah dari perubahan posisi yang tiba-tiba dan sering kali disebabkan oleh dehidrasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini