Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marc Marquez Cedera, Honda Justru Targetkan Triple Crown di MotoGP 2021

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 620 2357777 marc-marquez-cedera-honda-justru-targetkan-triple-crown-di-motogp-2021-ZaM3WDvTfM.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

TOKYO – Pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, masih bergulat dengan cedera. Meski begitu, Manajer HRC (Honda Racing Corporation), Tetsuhiro Hikita, telah menetapkan target tinggi untuk Honda di MotoGP 2021, yaitu meraih triple crown.

Target itu cukup tinggi mengingat Honda gagal total pada musim lalu saat Marc Marquez absen karena lengan kanannya patah. Cedera Marc Marquez adalah buah dari kecelakaan di balapan perdana musim lalu, MotoGP Spanyol 2020.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Absennya Marc Marquez membuat Honda bergantung pada tiga pembalap lainnya saat itu, Alex Marquez (Honda), Cal Crutchlow (LCR Honda), dan Takaaki Nakagami (LCR Honda). Akan tetapi, ketiga pembalap itu gagal menggantikan peran Marc Marquez sebagai pembalap utama Honda.

Tim berlambang sayap itu tidak mampu meraih satu pun kemenangan pada musim lalu. Selain itu, Marc Marquez pun kehilangan gelar juara MotoGP-nya. Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, secara mengejutkan menjadi kampiun MotoGP 2020 meski sebelumnya tidak diunggulkan.

BACA JUGA: Meski Marc Marquez Absen, Honda Tidak Akan Rekrut Dovizioso

Musim 2021 akan menjadi waktu yang tepat bagi Honda untuk membalikkan keadaan. Oleh sebab itu, Hikita menargetkan timnya untuk menyapu bersih gelar juara mulai dari pembalap, tim, hingga konstruktor.

BACA JUGA: Petinggi Honda Beri Kabar Positif soal Marc Marquez

“Tujuan musim 2021 ini adalah untuk mengembalikantriple crown. Pada musim 2020, kami belum bisa menunjukkan seluruh kekuatan kami, tetapi kami tetap kuat,” ucap Hikita, mengutip dari Corsedimoto, Sabtu (6/2/2021).

Meski begitu, target tersebut tidak akan mudah diwujudkan Honda. Sebab, Marc Marquez kemungkinan besar akan absen pada awal musim ini karena cederanya belum pulih total. The Baby Alien -julukan Marc Marquez- bahkan berpeluang absen semusim penuh jika cederanya membutuhkan operasi keempat untuk pulih.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Honda kemungkinan besar akan mengandalkan pembalap anyarnya, Pol Espargaro, jika Marc Marquez tidak tampil maksimal setelah pulih atau bahkan absen semusim penuh. Pol Espargaro memiliki tanggung jawab besar pada musim depan.

BACA JUGA: Marc Marquez Pamer Bekas Operasi di Instagram

Meski begitu, Pol Espargaro memiliki modal untuk memenuhi tanggung jawabnya dengan hasil maksimal. Pengalaman empat tahun bersama KTM Red Bull merupakan modal utama Pol Espargaro untuk berjaya bersama Honda.

BACA JUGA: Marc Marquez dan Valentino Rossi Spesial karena Punya Naluri Binatang

Pol Espargaro pun diprediksi mampu menaklukkan motor Honda RC213V yang terkenal cuma menurut kepada Marc Marquez. Sebab, karakteristik RC213V hampir mirip dengan motor KTM RC16. Patut ditunggu, aksi adik Aleix Espargaro itu bersama Honda pada musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini