Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Sayuran yang Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 620 2358208 deretan-sayuran-yang-ampuh-menjaga-kesehatan-ginjal-fhvcOjsqot.jpg Ilustrasi ginjal. (Foto: Lifeline Screening)
A A A

GINJAL menjadi salah satu organ penting dalam tubuh, karena berfungsi mengatasi racun yang masuk. Kesehatan ginjal pun wajib dijaga supaya tetap bekerja optimal.

Ginjal berperan sentral, sebab mengeluarkan limbah dari darah serta mengatur kadar cairan dalam tubuh. Maka itu, sangat penting menjaga ginjal tetap sehat dan berjalan lancar.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Kondisi Ginjal, Jangan Dilakukan Ya 

Di antara cara menjaga kesehatan ginjal adalah memakan berbagai sayuran. Sayuran sendiri sejak lama diyakini sangat baik untuk kinerja ginjal.

Namun harus juga menghindari makanan olahan yang mengandung natrium dan lemak jenuh dalam jumlah banyak. Ini bisa menjadi langkah awal dalam memastikan kesehatan ginjal.

Berikut ini deretan sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti dinukil dari laman Boldsky.

Ilustrasi kesehatan ginjal. (Foto: Shutterstock)

1. Kembang kol

Salah satu jenis sayuran yang mudah didapat ini memiliki manfaat sebagai bahan tambahan dalam makanan yang bagus dimasukkan ke menu diet Anda. Kembang kol mengandung asam folat dan serat sehingga dapat membersihkan ginjal.

2. Kubis

Sayuran ini mengandung phytochemical yang dapat membantu memecah radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Selain itu, kubis juga kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, vitamin B6, dan asam folat yang baik.

Baca juga: Punya Masalah Ginjal? Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini 

3. Paprika merah

Salah satu jenis paprika ini dikenal sebagai sayuran yang aman bagi ginjal karena adanya kandungan potasium yang rendah.

4. Bawang putih

Bawang putih banyak dijumpai sebagai tambahan makanan, namun jangan kesampingkan manfaatnya, karena dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan lewat sifat diuretiknya yang menghilangkan natrium dan air berlebih dari tubuh Anda.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Bayam

Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Vitamin ini diperlukan untuk produksi jaringan epitel yang sehat serta melapisi tabung penyaringan kecil di dalam ginjal dan saluran kemih.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat 

6. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber vitamin A, C, betakaroten, vitamin B-6, serat, dan kalium yang sangat baik. Lalu ada kandungan kalium dalam ubi jalar dikenal dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh.

7. Bawang

Bawang kaya akan kandungan senyawa belerang dan flavonoid. Selain itu, bawang juga mengandung quercetin, yaitu salah satu antioksidan kuat yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi tubuh dari kanker.

Baca juga: Sakit Perut Sebelah Kiri, Hati-Hati Gejala Cystitis hingga Batu Ginjal 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini