Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Ampuh agar Anak Memiliki Tinggi dan Berat Badan Ideal

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 620 2358209 4-cara-ampuh-agar-anak-memiliki-tinggi-dan-berat-badan-ideal-12gBadD4Rs.jpg Ilustrasi tinggi dan berat badan ideal anak. (Foto: Freepik)
A A A

ANAK memiliki tinggi dan berat badan ideal adalah idaman setiap orangtua. Pasalnya dengan mempunyai kondisi tubuh demikian bisa menjadikannya lebih sehat.

Ada sejumlah faktor yang bisa memengaruhi seorang anak tidak memiliki tinggi dan berat badan ideal. Misalnya adalah anak-anak lebih suka junk food dibandingkan makanan rumahan yang sehat.

Baca juga: 5 Tata Krama yang Harus Diajarkan kepada Anak Sedini Mungkin 

Makanan sehat sendiri penting bagi perkembangan anak. Sebab, nutrisi yang tepat bisa membantu pertumbuhan anak secara keseluruhan.

Ini adalah alasan mengapa para orangtua khawatir terkait apa yang dimakan anak-anak mereka, dan berusaha membuat makanan lebih banyak dengan sayuran hijau.

Tubuh anak mengeluarkan kapasitas maksimumnya antara usia 3 hingga 11 tahun, dan itu adalah waktu yang ideal untuk memperkenalkan kegiatan yang membuat mereka tumbuh secara optimal.

Berikut ini empat cara ampuh agar anak memiliki tinggi dan berat badan ideal, seperti dikutip dari laman Boldsky.

Anak-anak. (Foto: Rawpixel/Freepik)

1. Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat

Protein dianggap sebagai bahan pembangun tubuh, vitamin B3 juga merupakan unsur penting untuk pertumbuhan. Makanan seperti ayam, telur, kacang kedelai, kacang merah kaya akan protein. Sementara ikan tuna, jamur, kacang hijau, alpukat, kacang tanah adalah sumber vitamin B3 yang sangat baik.

Baca juga: Deretan Pekerjaan Rumah yang Bisa Dilakukan Anak Sesuai Usianya 

2. Jaga pola makan bergizi

Ini adalah faktor yang sangat penting di mana anak mengonsumsi jenis makanan yang tepat dengan nutrisi lengkap. Diet seimbang terdiri dari susu, telur, sayuran, oatmeal, dan lain-lain yang mengandung vitamin, karbohidrat, protein, serta lemak dalam jumlah memadai. Orangtua harus menjauhkan anak dari junk food yang kurang bahan makanan sehat.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Joging

Lari dengan intensitas sedang seperti joging adalah kegiatan yang menyenangkan, dan tidak hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa. Aktivitas ini dapat membangun otot-otot tulang serta meningkatkan stamina pada anak-anak, mereka akan menyukai rutinitas ini jika orangtua menemani mereka saat joging.

Baca juga: Anak Gatal-Gatal ketika Pindah ke Tempat Baru, Simak Penyebabnya 

4. Melompat secara teratur

Melompat adalah kegiatan kardio yang luar biasa untuk menjaga anak-anak tetap sehat dan bugar, aktivitas ini dapat merefleksikan seluruh tubuh dan membantu menjaga kesehatan jantung. Latihan ini juga membantu meregangkan seluruh tubuh, sehingga meningkatkan pertumbuhan vertikal anak.

Baca juga: Rumah Terendam Banjir! Dilantunkan Dzikir, Anak Ini Tertidur di Kotak Mengapung 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini