Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Setelah Bayi Baru Lahir

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 620 2358828 6-cara-menjaga-kebersihan-rumah-setelah-bayi-baru-lahir-HqjQo9JN7C.jpg Ilustrasi menjaga kebersihan rumah. (Foto: Whatwolf/Freepik)

SETELAH melahirkan dan menjadi orangtua, ada banyak perawatan ekstra yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah. Ini dilakukan supaya rumah selalu terbebas dari kuman dan bayi tetap sehat.

Bayi memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga perlu menjaganya dari kuman untuk mencegah serangan penyakit. Lalu dengan membersihkan rumah secara lebih mendalam sebelum kedatangan bayi merupakan cara yang terbaik.

Baca juga: Bolehkan Ibu Melahirkan yang Positif Covid-19 Berinteraksi dengan Bayinya? 

Jadi jika waktu melahirkan Anda sudah dekat atau baru saja melahirkan, bersihkan dan semprotkan disinfektan ke semua sudut rumah. Kemudian ikuti tips aman berikut ini, seperti dilansir laman Boldsky.

Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

1. Targetkan area inti

Menurut American Academy of Pediatrics, produk pembersih dan obat-obatan harus dijauhkan dari pandangan serta jangkauan bayi. Gunakan disinfektan untuk membersihkan lantai, dapur, dan kamar mandi. Dapur dan alas lantai yang terlalu tinggi harus tetap bersih serta bebas kuman.

2. Tinggalkan sepatu di luar rumah

Membiarkan sepatu masuk ke rumah dapat membawa banyak bakteri dan kuman. Meskipun tamu sedang berkunjung, minta mereka meninggalkan sepatu di luar untuk memastikan lantai bersih dan kuman tertinggal di luar.

Baca juga: Studi: Ibu Hamil Mewariskan Antibodi Covid-19 ke Bayi di Kandungan 

3. Biarkan jendela tetap terbuka

Makin banyak ventilasi di dalam kamar, makin baik kualitas udara. Ini penting diperlukan untuk bayi baru lahir. Kamar Anda perlu memiliki sirkulasi udara yang baik karena penelitian menunjukkan bayi kecil yang tidur di kamar dengan kipas angin memiliki risiko lebih rendah mengalami sindrom kematian bayi mendadak dibandingkan bayi yang tidur di kamar yang kurang berventilasi.

4. Bersihkan permukaan dapur

Setiap hari bersihkan permukaan dapur dan wastafel dengan disinfektan. Selain itu, gunakan disinfektan segera setelah Anda menyiapkan ikan mentah, unggas, atau daging untuk membatasi persebaran bakteri. Juga penting membersihkan lantai dapur dengan kain pel atau permadani.

Baca juga: Penyakit Jantung Serius Sebabkan Kematian Pada Bayi 

5. Jaga kebersihan kamar mandi

Kamar mandi adalah salah satu area yang paling banyak dipenuhi kuman dalam rumah, jadi bersihkan atau disinfeksi setiap sudut kamar mandi. Selalu gunakan sandal setiap kali menggunakan kamar mandi.

6. Kenakan sarung tangan saat membersihkan debu

Kenakan sarung tangan saat membersihkan atau membersihkan furniture karena setelah hamil kulit menjadi sensitif sehingga membersihkan barang dengan tangan kosong bisa menyebabkan iritasi. Anda juga bisa berisiko menularkan kuman ke bayi jika tangan tidak bersih. Dengan cara ini, Anda bisa menjaga bayi terhindar dari kuman.

Memiliki rumah yang bebas kuman dan bersih sangat penting saat membawa bayi yang baru lahir. Bahkan mainan atau benda lain yang mereka mainkan harus bersih. Jadi, tips ini bisa berguna saat untuk menyambut bayi yang baru lahir.

Baca juga: 5 Cara Supaya Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam Tanpa Terbangun 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini