Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Waktunya Era Sepakbola Berganti dari Cristiano Ronaldo dan Messi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 620 2360699 sudah-waktunya-era-sepakbola-berganti-dari-cristiano-ronaldo-dan-messi-YRL4knmNHw.jpg Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Mantan pemain Manchester United, John O’Shea, menilai dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah berakhir. Sebab, kini kedua pemain tersebut sudah tidak bisa membawa tim yang dibelanya meraih kejayaan di ajang Liga Champions lagi.

Cristiano Ronaldo dan Messi sejatinya sudah saling bertarung di puncak dunia sepakbola selama satu dekade lebih. Bahkan, dalam 15 tahun terakhir, tim yang mereka bela selalu berhasil menembus babak semifinal Liga Champions.

Baca juga: Mohamed Salah Disamakan dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Liverpool Justru Terancam

Maka dari itu, ketika kini CR7 dan La Pulga sama-sama tidak bisa menyelamatkan tim mereka, O’Shea menilai bahwa sudah waktunya bagi sebuah era yang baru untuk muncul. Apalagi, kini banyak pemain-pemain muda potensial dengan talenta luar biasa mulai unjuk gigi.

Cristiano Ronaldo

O’Shea tidak memungkiri bahwa secara individu, Cristiano Ronaldo dan Messi masih merupakan pemain yang hebat. Hal itu mereka tunjukkan dari banyaknya jumlah gol yang mereka cetak di sepanjang musim kompetisi 2019-2020 dan berlanjut hingga saat ini.

Baca juga: Manchester City Prioritaskan Lionel Messi, Kevin De Bruyne Kesal

Kendati demikian, jika bicara soal tim, Cristiano Ronaldo dan Messi sudah tidak bisa untuk selalu dijadikan penyelamat. Tim harus memiliki pemain lain yang juga bisa diandalkan untuk menjadi pembeda, bukan hanya Cristiano Ronaldo dan Messi.

“Anda tidak akan pernah bisa melihat Messi dalam balutan seragam tim lain, tetapi itu sudah mencapai tahap itu. Apa yang dia pikirkan, berapa lama dia masih berada di puncak, berapa lama waktu yang dibutuhkan Barca untuk kembali ke sana," ujar O’Shea, mengutip dari Independent, Kamis (11/2/2021).

"Mereka (Barca) telah menghabiskan cukup banyak uang selama beberapa tahun terakhir. Itu tidak seperti mereka tidak memberikan dukungan kepada pelatih, mereka telah melakukannya,” lanjut pria Irlandia tersebut.

Lionel Messi

“Mereka memiliki akademi yang fantastis dan saya yakin mereka memiliki dua atau tiga pemain muda di sana untuk masuk (ke tim utama). Tapi, Messi bisa menjadi salah satu yang harus diperhatikan, sudah ada pembicaraan tentang di mana dia akan berakhir dan di mana Ronaldo akan berakhir,” jelasnya.

"Untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama tak satu pun dari mereka berada di semifinal (dala gelaran Liga Champions 2019-2020). Orang-orang seperti Messi dan Ronaldo saling menantang dalam hal jumlah (gol), tetapi ini bisa menjadi akhir dalam hal era dominasi mereka di Eropa,” tandas O’Shea. (Ram)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini