Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hidangan Wajib Tahun Baru Imlek dan Makna Filosofinya

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 620 2361028 5-hidangan-wajib-tahun-baru-imlek-dan-makna-filosofinya-KJHupQB0YH.jpg Pangsit hidangan khas Imlek (Foto : Chinessenewyear)

Tahun Baru Imlek menjadi momen yang pas untuk makan malam dan berkumpul kembali dengan kerabat-kerabat yang jauh. Saat Imlek biasanya mereka memiliki hidangan-hidangan khusus untuk dinikmati bersama keluarga.

Seperti halnya dengan dekorasi Tahun Baru Imlek, hidangan tersebut dibuat supaya memberikan berkah di tahun depan. Nama dan penampilan sebagai simbol keinginan untuk kemakmuran, kebahagiaan dan keberuntungan.

Meskipun setiap daerah (memiliki adat istiadat yang berbeda, ada beberapa hidangan umum yang biasanya disiapkan meja. Berikut ini hidangan Tahun Baru Imlek yang dilansir dari Chinese New Year.

1. Spring Rolls 春卷 (chūn juǎn)

Risol

Spring roll dimakan selama Festival Musim Semi di Cina Selatan untuk merayakan datangnya musim semi. Hidangan ini dimakan pada hari pertama musim semi (立春 / lì chūn). Makanan ini bisa muncul di atas meja sebagai hidangan makan malam, makanan pembuka atau makanan ringan.

Hidangan ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, selain itu, ukuran dan bentuknya pun bervariasi. Spring roll terbuat dari tepung, air dan sedikit garam yang bisa diisi sesuai selera pribadi. Secara tradisional, isiannya terbuat dari daging babi, kol Cina, shiitake, wortel, dan bumbu.

Baca Juga : Agnez Mo Makan Bersama Keluarga Rayakan Imlek, Ayahnya Curi Perhatian

2. Pangsit 饺子 (jiǎo zi)

Pangsit

Pangsit sudah menjadi hidangan yang terkenal. Dihidangkan saat Tahun Baru Imlek ini sebenarnya bermakna pertukaran antara tahun lama dan tahun baru. Dengan memakan pangsit, dipercaya membuang yang lama tentang keburukan dan menyambut yang baru.

Ada banyak jenis isian pangsit, seperti daging, sayuran, bahkan apa pun sesuai selera Anda. Biasanya, mereka berisi kubis cina, daun bawang, daging babi dan udang.

Baca Juga : Seluk Beluk Kue Keranjang, Hidangan Khas Perayaan Imlek

3. Mi 长 面 (cháng miàn)

Mie Goreng

Pangsit dan mi bersama-sama, mereka disebut sutra emas dan emas batangan. Hidangan ini untuk mengekspresikan keinginan orang-orang untuk makmur.

Mereka juga disebut 长寿 面 (cháng shòu miàn), yang berarti "mie umur panjang". Tidak diperbolehkan memotong dan harus mencoba untuk tidak mengunyahnya.

4. Ikan kukus 蒸鱼 (zhēng yú)

Ikan Kukus

Ikan menjadi menu wajib untuk Tahun Baru Imlek karen ikan melambangkan kelebihan dan kekayaan. Dalam bahasa China, ikan 鱼 (yú) memiliki pengucapan yang sama dengan 余, yang berarti "kelebihan" atau "ekstra." Dan diharapkan memiliki kelebihan makanan dan uang setiap tahun.

Separuh ikan dimakan untuk makan malam, dan separuhnya lagi untuk hari berikutnya. Ini untuk memperpanjang surplus dan membuat masa depan sejahtera juga. Seekor ikan utuh juga melambangkan keluarga yang harmonis dan utuh.

5. Ayam Kukus 蒸鸡 (zhēng jī)

ayam kukus

Seekor ayam utuh adalah simbol lain sebuah keluarga. Kaya protein, satu ekor ayam sudah cukup untuk memberi makan seluruh keluarga. Dan itu untuk mewakili reuni dan kelahiran kembali. Untuk mengungkapkan makna keberuntungan ini, orang-orang menjaga kepala dan cakarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini