Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Obat Rumahan yang Ampuh Meredakan Mual di Pagi Hari

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 620 2362247 deretan-obat-rumahan-yang-ampuh-meredakan-mual-di-pagi-hari-5FTrLmitsU.jpg Ilustrasi mual di pagi hari. (Foto: Boldsky)
A A A

MUAL di pagi hari kerap dialami sejumlah orang. Penyebabnya bisa berbagai hal, di antaranya kondisi tubuh yang kurang sehat atau asam lambung berlebih. Mual juga bisa dirasakan saat dalam perjalanan.

Sementara untuk ibu hamil, mual merupakan salah satu kondisi yang wajar terjadi. Mual memberikan kesan tidak enak, khususnya di perut, dan membuat merasa ingin muntah.

Baca juga: Ini Alat Kesehatan yang Mesti Ada saat Isolasi MandiriĀ 

Selain kondisi-kondisi tersebut, mual biasanya disebabkan keracunan makanan, efek samping obat-obatan, atau minum alkohol secara berlebihan. Mual juga sering disertai beberapa keluhan lain seperti pusing, pingsan, sakit perut, diare, mulut kering, hingga demam.

Tapi tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa obat rumahan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan mual di pagi hari.

Apa saja obat rumahan tersebut? Berikut daftarnya, sebagaimana dilansir laman Boldsky.

Mual. (Foto: Medical News Today)

1. Air tawar

Minum air tawar secara teratur setiap hari diyakini dapat membuat Anda merasa lebih baik saat merasa tidak nyaman karena mual di pagi hari hingga ingin muntah.

2. Jahe

Jahe adalah bahan yang mudah ditemukan di rumah dan banyak digunakan untuk mengatasi mual. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe sangat efektif untuk mengobati mual yang disebabkan kehamilan atau kemoterapi.

Baca juga: Ingat, Isolasi Mandiri Harus Berkonsultasi dengan DokterĀ 

3. Kayu manis

Sebuah penelitian menemukan bahwa kayu manis bermanfaat meredakan mual yang disebabkan nyeri haid. Anda bisa menambahkan batang kayu manis ke dalam segelas air lalu simpanlah semalaman. Anda dapat meminumnya ketika merasa mual.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Lemon

Lemon kaya akan kandungan asam sitrat dan dikenal dapat membantu menenangkan perut ketika merasa mual. Jika mual terjadi karena sembelit, Anda bisa minum air hangat dengan jus lemon karena dapat membantu merangsang pergerakan usus.

Baca juga: Arti 3 Bulan pada Syarat Penyintas Covid-19 Boleh DivaksinĀ 

5. Peppermint

Peppermint ternyata dapat menenangkan dan mematikan rasa pada perut sehingga membantu melemaskan otot-otot perut. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa aromaterapi dari peppermint dapat digunakan untuk mengobati mual pada wanita usai melahirkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini