Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Lemon Ternyata Beri Banyak Manfaat Kesehatan, Apa Saja Ya?

Iman Firmansyah, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 620 2362398 kulit-lemon-ternyata-beri-banyak-manfaat-kesehatan-apa-saja-ya-YOgnJP35lb.jpg Kulit lemon memberi banyak manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. (Foto: Stevepb/Pixabay)

KULIT lemon jangan dibuang ketika sudah selesai mengonsumsi daging buahnya. Sebab, bagian terluar dari buah lemon ini ternyata bisa memberi banyak manfaat kesehatan.

Lemon sendiri sangat mirip dengan jeruk, bahkan banyak orang sulit membedakannya. Buah ini juga banyak ditemui dan dikonsumsi di seluruh dunia. Daging buah lemon adalah bagian yang paling sering dikonsumsi, salah satunya dibuat jus.

Baca juga: Cegah Depresi hingga Alzheimer, Minum Saja Lemon Kunyit 

Tapi sebuah penelitian menemukan bahwa kulit lemon memiliki kandungan senyawa flavonoid yang tinggi dan disebut flavon polimethoxylated (PMFs). Dibandingkan bagian buahnya yang dapat dimakan, kulit lemon sedikit lebih bermanfaat.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kulit lemon memiliki sifat antioksidan yang luar biasa. Berikut beberapa manfaat kulit lemon untuk kesehatan tubuh, sebagaimana dilansir laman Boldsky.

Kulit lemon.

1. Mendukung kesehatan mulut

Kulit lemon juga mengandung sifat antibakteri yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan pektin dalam kulit lemon juga dikenal dapat menurunkan berat badan dan memperlambat adanya penumpukan lemak dalam tubuh. Pektin berfungsi menyerap air dan membentuk massa yang kental, lalu berjalan melalui lambung dan usus kecil yang tidak tercerna.

Baca juga: Selain Mencegah Batu Ginjal, Kenali 7 Manfaat Baik Lemon 

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kulit lemon juga mengandung sejumlah kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin, semua kandungan nutrisi penting ini dapat membantu mencegah osteoporosis, rheumatoid arthritis dan masalah tulang lainnya.

4. Baik untuk sistem pencernaan

Kandungan serat dalam kulit lemon dikenal dapat menjaga saluran pencernaan untuk berjalan dengan baik dan membantu menurunkan peradangan lambung.

5. Mengurangi tekanan darah

Menurut sebuah penelitian, adanya kandungan senyawa esensial dalam kulit lemon diyakini dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Sementara untuk mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan kulit lemon ke makanan yang dipanggang atau bisa dimasukkan ke salad. Anda juga bisa memarut kulit lemon dan menaburkannya di atas sup.

Baca juga: Yuk Cobain Uniknya Lemon Tart, Asam Segar Jadi Satu 

6. Melawan kanker

Kulit lemon juga memiliki sifat antikanker karena adanya kandungan flavonoid dan vitamin C sehingga dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Sementara vitamin C berfungsi meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu menghilangkan sel kanker yang bermutasi.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kulit lemon ternyata mengandung flavonoid, vitamin C, dan pektin yaitu sejenis serat larut yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Perlu diketahui, pektin dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini