Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Daun Mangga: Turunkan Hipertensi hingga Sehatkan Perut

Iman Firmansyah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 620 2367378 5-manfaat-daun-mangga-turunkan-hipertensi-hingga-sehatkan-perut-lKBBII88DH.jpg Daun mangga. (Foto: Wirestock/Freepik)
A A A

BELUM banyak orang mengetahui bahwa daun mengga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya di dalam daun mangga terkandung sejumlah nutrisi, di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan termasuk fenol dan flavonoid.

Berdasarkan alasan tersebut, daun mangga sangat penting dikonsumsi. Namun dalam mengonsumsi daun mangga, sebaiknya dipilih yang bertekstur lembut dan memiliki warna kemerahan atau keunguan. Inilah daun mangga yang baik dimasak dan dimakan.

Baca juga: Enak dan Sehatnya Smoothies Mangga, Cocok Dinikmati ketika Santai 

Lalu apa lagi manfaat daun mangga untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut daftarnya, seperti dipaparkan laman Boldsky.

1. Menurunkan hipertensi

Berdasarkan sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir, buah mangga memiliki peran dalam menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) karena sifat hipotensinya. Di mana mengonsumsi daun mangga dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

Daun mangga. (Foto: Thehealthsite)

2. Kontrol diabetes tipe 2

Daun mangga dianggap berguna mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang dikenal juga sebagai antosianidin yang dapat membantu dalam pengobatan diabetes dengan cara mengeringkan daunnya atau jadikan bubuk, bisa juga digunakan sebagai infus untuk mengobati diabetes.

Baca juga: Mau Camilan Sehat, Bikin Puding Mangga Saja! 

3. Meningkatkan kesehatan perut

Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut dari berbagai penyakit yang mengganggu perut seperti sakit lambung. Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa daun mangga yang ditambahkan ke air hangat, lalu dibiarkan semalaman dan saring airnya dan minum pada saat pagi hari.

Sementara itu daun mangga pun dijadikan minuman sehari-hari dengan dicampur teh. Untuk membuatnya terasa lebih nikmat ambil sedikit daun mangga dan 1 liter air, lalu cuci daun mangga dengan benar. Hancurkan dan masukan dalam air lalu rebus, selanjutnya saring dan minumlah dengan sedikit madu.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Obati asma

Masalah pernapasan seperti asma dapat diobati dengan bantuan daun mangga, selain itu orang yang menderita bronkitis dan pilek disarankan meminum rebusan daun mangga dengan campuran sedikit madu.

Baca juga: 8 Manfaat Mangga, Salah Satunya Bikin Kulit Glowing 

5. Meningkatkan fungsi kognitif

Diabetes tipe 2 dapat meningkatkan faktor risiko penyakit alzheimer dan demensia vaskular. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Brain Pathology, ekstrak daun mangga dapat meningkatkan patologi sentral dan menurunkan gangguan kognitif pada pasien diabetes tipe 2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini