Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Kenali 6 Cara Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Iman Firmansyah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 620 2367485 yuk-kenali-6-cara-mengurangi-risiko-kanker-payudara-6JDonVe2yu.jpg Ilustrasi kanker payudara. (Foto: Shutterstock)
A A A

KANKER payudara merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita wanita. Kanker payudara muncul ketika ada pertumbuhan abnormal sel-sel kanker yang membelah lebih cepat di payudara, kemudian menumpuk membentuk benjolan.

Adapun faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita di antaranya pola hidup, lingkungan, dan genetik tertentu.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Skrining Kanker Payudara jika Baru Saja Divaksin? 

Faktor genetik tidak dapat diubah, tetapi penyebab lainnya seperti pola hidup bisa diubah untuk mencegah kanker payudara.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara, sebagaimana dijelaskan laman Boldsky.

1. Tetap aktif secara fisik

Olahraga berperan penting dalam terapi kanker payudara. Berdasarkan penelitian, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 25 hingga 30 persen.

2. Konsumsi makanan nabati

Makan buah dan sayuran berwarna cerah yang mengandung flavonoid diyakini dapat membantu menurunkan risiko kanker, karena kandungan flavonoid dalam buah dan sayur dapat mengatur pembelahan sel serta menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Ilustrasi kanker. (Foto: Rawpixel/Freepik)

3. Menyusui

Seorang ibu, ada kemungkinan lebih rendah terkena kanker payudara jika menyusui lebih dari setahun. Air susu ibu (ASI) mengandung alfa-laktalbumin dan asam oleat yang bisa membatasi kemampuan sel kanker payudara untuk bertindak secara tidak normal.

4. Batasi asupan alkohol

Menurut penelitian, minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Sebaiknya kamu mulai menghindari minum alkohol dan menggantinya dengan banyak minum air putih yang banyak.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 Mirip Gejala Kanker Payudara, Apakah Berbahaya? 

5. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan sama pentingnya karena jika kamu kelebihan berat badan bakal meningkatkan risiko kanker payudara.

6. Berhenti merokok

Menurut sebuah penelitian, wanita yang mulai merokok selama 5 tahun sebelum pertama kali hamil memiliki risiko terkena kanker payudara lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak pernah merokok.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini