Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Vitamin yang Bikin Rambut Tumbuh Baik, Yuk Dikonsumsi

Adella Christyanti, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 620 2374890 deretan-vitamin-yang-bikin-rambut-tumbuh-baik-yuk-dikonsumsi-4i3fTPZfWU.jpg Ilustrasi rambut sehat. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

RAMBUT yang tumbuh dengan baik adalah idaman semua orang. Pertumbuhan rambut yang baik bisa ditandai dengan kondisi yang tebal dan lembut bersinar.

Rambut sendiri juga membutuhkan berbagai nutrisi dan vitamin. Ini untuk membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan optimal.

Baca juga: Tips Sederhana Atasi Rambut Kering dan Kusut 

Lalu vitamin apa saja yang bagus untuk pertumbuhan rambut? Simak daftarnya, sebagaimana dilansir laman Healthline.

1. Vitamin A

Semua sel membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan. Ini termasuk rambut, jaringan yang tumbuh paling cepat dalam tubuh manusia. Vitamin A juga membantu kelenjar kulit membuat zat berminyak yang disebut sebum. Rambut Anda membutuhkan vitamin A agar tetap lembap dan tumbuh. Sumber yang baik termasuk ubi jalar, wortel, bayam, kangkung, dan beberapa makanan hewani.

Ilustrasi rambut sehat. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Vitamin B

Salah satu vitamin paling terkenal untuk pertumbuhan rambut adalah vitamin B yang disebut biotin. Proses ini penting untuk pertumbuhan rambut. Vitamin B membantu membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala Anda yang membantu pertumbuhan rambut. Biji-bijian utuh, daging, makanan laut, dan sayuran hijau gelap adalah sumber vitamin B yang baik.

Baca juga: 3 Cara Alami Hilangkan Rambut di Wajah Tanpa Rasa Sakit 

3. Vitamin C

Kerusakan akibat radikal bebas bisa menghalangi pertumbuhan dan menyebabkan rambut Anda menua. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas. Vitamin C juga dibutuhkan untuk membuat kolagen dan dapat membantu mencegah penuaan pada rambut. Sumber yang baik termasuk paprika, buah jeruk, dan stroberi.

4. Vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah terkait dengan alopecia, istilah teknis untuk rambut rontok. Vitamin D dianggap berperan dalam produksi rambut, tetapi sebagian besar penelitian berfokus pada reseptor vitamin D. Peran vitamin D yang sebenarnya dalam pertumbuhan rambut tidak dipahami, tetapi salah satu bentuk rambut rontok terkait dengan defisiensi. Anda dapat meningkatkan kadar vitamin D melalui paparan sinar matahari atau dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit dan Rambut, Bisa Obati Luka Bakar 

5. Vitamin E

Mirip dengan vitamin C, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif. Dalam sebuah penelitian, orang dengan rambut rontok mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5 persen setelah diberi suplemen vitamin E selama 8 bulan. Selain, Vitamin E membantu mencegah stres oksidatif, ternyata juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Sumber makanan yang baik termasuk biji bunga matahari, almond, bayam, dan alpukat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini