Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Tepat Gunakan Masker serta Tempat Aman Menyimpannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 620 2378592 tips-tepat-gunakan-masker-serta-tempat-aman-menyimpannya-u8Q5Wk7rwq.jpg Ilustrasi masyarakat menjalankan protokol kesehatan cegah covid-19 dengan menggunakan masker. (Foto: Heru Haryono/Okezone)
A A A

SELAMA masa pandemi covid-19, semua orang diwajibkan mengenakan masker saat beraktivitas. Masker digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan covid-19 secara luas.

Meski demikian, masyarakat seringkali tidak memerhatikan penggunaan masker yang benar, terutama saat menyimpan masker yang hendak digunakan lagi. Apabila tidak disimpan dengan baik, tentunya masker ini berpotensi menjadi media pembawa virus corona bagi penggunananya.

Baca juga: Kenali Lagi Jenis Masker Rekomendasi WHO untuk Cegah Covid-19 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Selasa (16/3/2021), masker yang diletakkan sembarangan mempunyai risiko lebih besar menjadi media penularan virus corona yang tersebar di udara.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan memiliki wadah atau tempat untuk meletakkan masker bersih dan ditutup dengan rapat. Beberapa benda seperti amplop, kantong kertas, dan wadah steril lainnya bisa menjadi alternatif tempat yang digunakan meletakkan masker saat tidak digunakan.

Baca juga: Cerita Doni Monardo Sempat Dilarang Pakai Masker di Awal Pandemi Covid-19 

Selain itu, semua orang juga diimbau menggunakan masker secara baik dan benar. Terdapat empat hal yang wajib diperhatikan, masing-masing adalah:

1. Pastikan tidak memegang bagian luar masker.

2. Pastikan hanya memegang tali saat mencopot masker.

3. Tidak diturunkan ke dagu, apalagi jarang mengganti masker.

4. Mengganti masker setiap empat jam sekali atau bila basah dan lembap.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini