Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geliat Maskapai dan UMKM Parekraf di Masa Pandemi

Selasa 16 Maret 2021 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 620 2378814 geliat-maskapai-dan-umkm-parekraf-di-masa-pandemi-rCyHAayRj1.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berupaya memulihkan geliat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19. Banyak strategi yang diatur dengan menggandeng berbagai stakeholder.

Sandi mensupport produk lokal dari UMKM. Ia juga mengajak pelaku usaha untuk beralih ke e-commerce.

Upaya ini ia lakukan agar bisa membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. "Yang ingin saya garis bawahi kita semua harus membeli produk ekonomi kreatif lokal yang harus disupport oleh kita sendiri," ujar Sandi.

Baca Juga: Wisata Candi Jawi, Jejak Kerajaan Singasari & Relief yang Menyisakan Misteri

sandi

Sejauh ini, terang Sandi, ada 6 juta pelaku UMKM yang masuk dalam platform digital alias On Boarding. Ia pun selalu mendorong agar semua pelaku UMKM di berbagai destinasi wisata juga terkoneksi dengan digitalisasi.

Bila kegiatan belanja online meningkat, maka tentunya pilihan ekspedisi pun semakin beragam. Tak heran jika saat ini maskapai Indonesia pun banyak yang mengkhususkan pesawatnya untuk membawa barang pesanan hingga tiba di rumah.

Diakui Perwakilan Lion Parcel Farian Kirana, pesawat terbang kini tak cuma membawa penumpang saja, namun juga mengangkut barang serta dokumen. Jangkauannya hampir di 97 persen total wilayah Indonesia.

"Dengan dukungan armada pesawat dan darat, masyarakat Indonesia termasuk UMKM akan sangat terbantu," ujarnya lewat keterangan resminya bersama Lazada.

 geliat

Dengan demikian, geliat UMKM Indonesia juga semakin membaik, begitu juga dengan maskapai penerbangan di Indonesia tetap bisa bertahan. "Otomatis menggerakkan ekonomi di Indonesia menjadi lebih baik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini