Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penjelasan Kemenkes soal Kabar Vaksin Sinovac Akan Kedaluwarsa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 620 2378941 ini-penjelasan-kemenkes-soal-kabar-vaksin-sinovac-akan-kedaluwarsa-RdpbxwM7Fl.jpg Ilustrasi Vaksin Sinovac untuk cegah persebaran covid-19. (Foto: Hakan Nural/Unsplash)
A A A

JURU Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat jangan khawatir terkait kabar Vaksin Sinovac yang ada di Indonesia akan kedaluwarsa pada 25 Maret 2021. Ia pun coba meluruskan kesimpangsiuran informasi ini.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Sinovac Kedaluwarsa 25 Maret, Apa Akibatnya Jika Tetap Dipakai? 

Dia menjelaskan bahwa definisi kedaluwarsa yang beredar di masyarakat tidak sama dengan apa yang dipahami selama ini. Dalam konteks vaksin, hal yang dimaksud kedaluwarsa itu adalah masa simpan atau 'shelf life'.

"Jadi Vaksin Sinovac itu memiliki masa simpan atau 'shelf life' sampai 25 Maret 2021, bukan kedaluwarsa," ungkap Siti Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Selasa 16 Maret 2021.

Ilustrasi Vaksin Sinovac. (Foto: Okezone)

Ia menegaskan, Vaksin Sinovac yang akan habis masa simpannya dipastikan sudah habis. Sebanyak 1,2 juta Vaksin Sinovac yang tiba pada akhir Desember 2020 sudah habis semuanya. "Sementara itu yang 1,8 juta lainnya masa simpannya sampai Mei 2021," tambah Siti Nadia.

Baca juga: Satgas Covid-19 Bantah Vaksin Sinovac Kadaluwarsa, Masyarakat Jangan Panik! 

Sekali lagi, Siti Nadia memastikan bahwa 1,2 juta dosis vaksin dengan nama label SARS-CoV2 yang didatangkan langsung dari China sudah habis dan tidak ada lagi di masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir soal vaksin yang akan diterima.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini