Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liga Spanyol Diyakini Tak Akan Mati meski Tanpa Messi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 20 620 2381204 liga-spanyol-diyakini-tak-akan-mati-meski-tanpa-messi-71q85ZImkk.jpg Lionel Messi (Foto: Reuters)

MADRID – Presiden Liga Spanyol, Javier Tebas, mengatakan bahwa ia sama sekali tidak keberatan jika kehilangan megabintang Barcelona, Lionel Messi. Akan tetapi, Tebas justru menyindir Manchester City selaku klub yang paling santer disebut bakal menjadi pelabuhan Messi selanjutnya.

Kehadiran para pemain top dunia sejatinya memberikan pengaruh dalam keberlangsungan suatu liga. Sebab, nama-nama besar tersebut akan menarik lebih banyak penonton. Sehingga nilai jual untuk hak siar pun semakin meningkat.

Baca juga: Mantan Agen Ungkap Neymar Pernah Minta Balik ke Barcelona

Sebelum ini, sempat dikhawatirkan Liga Spanyol akan kehilangan daya tariknya setelah Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan Juventus pada musim panas 2018. Begitu pun dengan Neymar Jr yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG) pada 2017.

Cristiano Ronaldo

Kendati demikian, Liga Spanyol nyatanya tetap digandrungi. Hal inilah yang kemudian membuat Tebas percaya diri bahwa kehilangan Messi tidak akan membuat Liga Spanyol kehilangan penonton.

Baca juga: Rivaldo: Bakal Terasa Menyenangkan Lihat Sergio Ramos Berseragam Barcelona

"Kami lebih suka Messi bertahan di Liga Spanyol, tetapi Ronaldo dan Neymar pergi dan kami belum melihat adanya perbedaan. Kami siap (untuk kepergian Messi)," sebut Tebas, seperti dilansir dari Goal, Sabtu (20/3/2021).

Sejak bursa transfer musim panas 2020, Messi sejatinya sudah dikaitkan dengan Manchester City. Sebab, Man City dinilai sebagai satu-satunya klub yang mampu memenuhi tuntutan gaji tinggi seorang Lionel Messi.

Hal ini lantas menjadi sorotan Tebas. Menurutnya, saat ini Man City menjadi klub yang sudah kebal aturan (Financial Fair Play). Tebas berpenadapat seperti itu karena selama ini Man City sudah melakukan pemborosan dengan belanja banyak pemain dengan harga fantastis, namun tak ada sanksi yang menghampiri.

Man City bahkan lolos dari hukuman yang dijatuhkan UEFA beberapa waktu lalu. Kini, di saat klub-klub mengalami krisis keuangan akibat pandemi Corona (Covid-19), Man City justru terlihat aman-aman saja meski di bursa transfer musim panas 2020 berbelanja pemain dengan harga mahal.

Lionel Messi

“Tampaknya satu-satunya klub di Liga Inggris yang berbicara tentang mendaftarkan Messi adalah Manchester City, yang ikut bersaing namun tak terikat aturan. Saya bukan satu-satunya yang mengatakan ini,” sindir Tebas.

“Saya tidak terlalu khawatir tentang mereka. Saya telah mengkritik apa yang mereka lakukan berkali-kali. Melakukannya sekali lagi tidak ada bedanya. Man City tidak terpengaruh oleh Covid atau pandemi atau apa pun karena mereka dibiayai secara berbeda dan tidak mungkin untuk melawan itu," tandasnya. (Ram)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini