Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlalu Lama Pakai Masker Bikin Iritasi Kulit, Ini Cara Mengatasinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 620 2386043 terlalu-lama-pakai-masker-bikin-iritasi-kulit-ini-cara-mengatasinya-FKTm02inDd.jpg Ilustrasi penggunaan masker untuk mencegah persebaran covid-19. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

MASKER menjadi kebutuhan penting di masa pandemi covid-19 ini. Sebab penggunaannya sudah menjadi protokol kesehatan ketat mencegah penularan virus corona.

Tapi sejumlah orang mengeluhkan adanya masalah kesehatan kulit akibat terlalu lama memakai masker. Mereka mengalami iritasi kulit, kekeringan, bahkan jerawat di kulit wajah, khususnya pada area penggunaan masker.

"Penggunaan masker memang telah menjadi keharusan selama masa pandemi, namun risiko terlalu lama memakainya bisa dicegah dengan melakukan beberapa upaya," ungkap pakar kesehatan Laura Chacon-Garbato dalam keterangan yang diterima MNC Portal beberapa waktu lalu.

Ia kemudian membagikan tiga cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya masalah kulit akibat menggunakan masker.

Baca juga: Cara Mencuci Masker Kain agar Bisa Dipakai Lagi, Dicoba Yuk 

1. Tepat memilih masker

Kini banyak pilihan masker wajah yang dijual di pasaran. Pastikan memilih salah satu masker dengan bahan yang pas dan nyaman serta tidak membuat sulit untuk bernapas. Pasalnya, tidak semua bahan memiliki karakteristik yang sama.

Poliester misalnya terkadang dapat memerangkap keringat, menyebabkan iritasi, dan memicu jerawat. Masker dengan bahan kain dapat menjadi jawaban bagi seseorang yang rentan berjerawat. Carilah masker yang terbuat dari bahan katun karena dapat membantu menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas.

Masker. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

2. Rawat kulit setelah memakai masker

Setelah seharian menggunakan masker, pastikan memanjakan kulit dengan produk bebas sulfat untuk melembapkan. Sulfat adalah deterjen kuat yang mengubah struktur lipid epidermis bagian atas kulit dan menyebabkan iritasi. Setelah melepas masker, pastikan membasuh wajah dengan pembersih ringan dengan bahan yang melembapkan.

Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit. Gunakan air hangat karena kulit sudah sensitif, dan ini akan membantu mencegah iritasi lebih lanjut. Akhiri prosesnya dengan mengoleskan pelembap dengan antioksidan dan minyak esensial, yang dapat memulihkan dan menenangkan kulit.

Baca juga: Tak Hanya Cegah Covid-19, Pakai Masker dan Jaga Jarak Efektif Halau TBC 

3. Rajin mengganti dan mencuci masker

Mencuci secara teratur masker sangat penting karena dapat membantu meredakan jerawat dan flare-up (radang, kulit memerah) kulit sepanjang hari. Persiapkan kulit sebelum memakai masker. Sama seperti saat mempersiapkan tubuh sebelum mengenakan pakaian dengan cara melembapkannya. Sebelum mengenakan masker, sebaiknya menggunakan pelembab wajah yang memiliki sifat menghidrasi.

Carilah bahan-bahan seperti chamomile dan aloe vera yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Hidrasi dapat membantu mencegah iritasi, maka cobalah menghindari riasan tebal dan berminyak karena dapat menyumbat pori-pori. Jika harus memakai riasan, carilah riasan berbahan dasar mineral dan bahan seperti titanium dioksida yang menyerap minyak pada kulit.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini