Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pemanis Alami Terbaik yang Bisa Gantikan Gula

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 05 April 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 620 2389430 4-pemanis-alami-terbaik-yang-bisa-gantikan-gula-uZ7t6SRnH0.jpg Ilustrasi pemanis alami pengganti gula. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

TERLALU banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Misalnya pada anak-anak, asupan gula yang tinggi dalam makanan dapat menyebabkan berkurangnya daya ingat.

Maka itu, perlu langkah cepat untuk mengendalikan konsumsi gula dalam kehidupan sehari-hari. Bisa menggantikan dengan pemanis alami yang lebih menyehatkan.

Lantas, apa saja pemanis alami terbaik untuk menggantikan gula? Berikut daftarnya, seperti dirangkum dari laman Healthsite, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Setelah Melahirkan, Para Ibu Disarankan Konsumsi Makanan Ini 

1. Madu mentah

Madu mentah salah satu pemanis alami tertua yang mengandung sejumlah enzim, mineral, dan vitamin. Mengonsumsi madu mentah dapat membantu membangun kekebalan tubuh terhadap alergen umum. Madu juga baik mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan melancarkan pencernaan.

Madu. (Foto: Freepik)

2. Gula merah

Gula merah adalah salah satu bahan alami yang belakangan ini populer. Gula merah dianggap lebih bergizi daripada gula putih rafinasi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat yang diberikan adalah meningkatkan kesehatan pencernaan, anemia, detoksifikasi hati, serta peningkatan fungsi kekebalan.

Baca juga: Isolasi Mandiri Wajib Penuhi Nutrisi, Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini

3. Stevia

Stevia merupakan pemanis rendah kalori yang populer. Stevia diekstrak dari daun tanaman yang disebut Stevia rebaudiana. Beberapa penelitian menemukan bahwa stevia menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko diabetes. Ini juga meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi kolesterol LDL teroksidasi, dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

4. Kurma

Kurma adalah pemanis alami alternatif gula yang baik dan sehat. Kurma kaya beberapa nutrisi, termasuk serat dan antioksidan. Langkah yang perlu dilakukan sebelum mengonsumsinya adalah melunakkan kurma dengan merendamnya semalaman pada suhu kamar atau selama 15 menit dalam air hangat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini