Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Kawanan Hewan di Kebun Binatang Positif Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 620 2397889 heboh-kawanan-hewan-di-kebun-binatang-positif-covid-19-ySsvFcUyaM.jpg Ilustrasi hewan berang-berang di kebun binatang. (Foto: Garry Killian/Freepik)

KEBUN binatang Georgia Aquarium mengumumkan bahwa kawanan hewan otter atau berang-berang cakar kecil Asia yang dimiliki positif terinfeksi covid-19. Pengumuman mengejutkan tersebut mereka sampaikan pada Minggu 18 April 2021.

Meskipun tidak jelas berapa banyak hewan yang dinyatakan positif covid-19, para pejabat Georgia Aquarium mengatakan bahwa berang-berang yang terinfeksi sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Mereka berharap hewan lucu itu dapat menjalani pemulihan secara penuh dari covid-19 yang diidapnya.

Baca juga: Gara-Gara Kecoa, Pasangan Ini 18 Kali Pindah Rumah dan Terancam Cerai 

"Berang-berang cakar kecil Asia kami berada di bawah pengawasan yang sangat ketat oleh dokter hewan dan anggota tim perawatan hewan," kata Wakil Presiden Kesehatan Hewan dan Lingkungan Georgia Aquarium dr Tonya Clauss, seperti dikutip dari laman Nypost, Selasa (20/4/2021).

Ilustrasi berang-berang. (Foto: Daniel Olaleye/Unsplash)

Meski dinyatakan positif covid-19, berang-berang tersebut hanya menunjukkan gejala ringan. Diharapkan mereka semua sembuh total dalam waktu dekat. Selain itu, para petugas juga telah memberikan perawatan sesuai kebutuhan sehingga berang-berang tersebut dapat makan, istirahat, dan segera pulih.

"Saat ini hewan-hewan itu telah dipindahkan dari pameran dan sedang dirawat. Staf kebun binatang memutuskan menguji hewan berdasarkan tanda klinis. Saat ini diduga berang-berang mungkin tertular infeksi dari anggota staf yang tidak menunjukkan gejala. Risiko penularan dari hewan ke manusia sangat jarang," kata rilis berita itu.

Baca juga: Langka, Anak Anjing Ini Lahir dengan 6 Kaki dan 2 Ekor 

Sekadar diketahui, berang-berang cakar kecil Asia di Georgia Aquarium tidak memiliki kontak langsung dengan tamu dan selalu berada di balik penghalang akrilik. Berang-berang itu bakal terus dipantau dan setelah sembuh dari covid-19 akan kembali dipamerkan.

Rilis berita mencatat dampak virus pada spesies tersebut tidak diketahui saat ini. American Veterinary Medical Association (AVMA) menyatakan bahwa SARS-CoV-2, virus penyebab covid-19, tidak mudah menyebar dari manusia ke hewan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini