Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Prokes untuk Isolasi Mandiri Anak di Rumah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 620 2398873 6-prokes-untuk-isolasi-mandiri-anak-di-rumah-oKKUCfkmub.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)
A A A

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terinfeksi Covid-19. Bagi orang dewasa, isolasi mandiri di dalam rumah dan menghindari kontak sama sekali dengan orang lain. Tetapi nasehatnya berbeda untuk anak-anak.

Tidaklah mungkin meminta anak untuk mengisolasi diri sendiri, terutama bagi mereka yang masih berusia di bawah 5 tahun. Mereka membutuhkan orang dewasa untuk merawatnya dan membantu mengurangi risiko penyebaran virus corona. 

Anak Anda dan orang yang merawat anak tersebut harus berusaha menghindari kontak dengan orang lain, termasuk orang lain yang tinggal bersamanya.

Karenanya, pilih seseorang yang dalam keadaan sehat untuk mengasuh anak Anda saat mereka diisolasi. Atau, Anda juga bisa menjaganya sendiri jika Anda yakin Anda mampu untuk melakukan hal tersebut.

Nah, jika Anda sudah menentukan siapa yang akan menjaga anak Anda untuk membantunya mengisolasi diri di rumah, berikut beberapa aturan berdasarkan protokol kesehatan (prokes) yang harus dilakukan, sebagaimana dilansir Pha4kids pada Kamis (22/4/2021).

Tetap di rumah

Anak Pakai Masker

Selama masa isolasi, pastikan anak Anda hanya berada di rumah. Jangan izinkan anak untuk bersekolah, atau bermain bersama temannya. Jika anak sakit, hubungi dokter melalui janji telemedicine.

Jika anak membutuhkan perhatian medis segera, pastikan untuk memberi tahu petugas darurat bahwa anak positif Covid-19. Dengan demikian, petugas mungkin akan memisahkan ruangan untuk anak Anda agar tidak berkumpul dengan pasien lain.

Baca Juga : Isolasi Mandiri Wajib Penuhi Nutrisi, Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini

Pisahkan anak Anda dari anggota keluarga

Pisahkan anak Anda dari anggota keluarga dan juga hewan peliharaan lainnya. Idealnya, anak Anda harus melakukan karantina di kamarnya. Jika dia belum cukup umur untuk tinggal sendirian di kamar mereka, cobalah untuk menjaga anak Anda tetap di kamar rumah.

Anggota keluarga disarankan untuk memakai masker

Jika salah satu anggota keluarga yang terpapar Covid-19 adalah anak kecil yang usianya di bawah 5 tahun, rasanya agak sulit untuk memintanya mengenakan masker.

Karenanya, orang dewasa lainnya lah yang harus mengenakan masker setiap saat. Dengan demikian, penularan Covid-19 pun dapat dicegah sehingga tidak menyerang anggota keluarga yang lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Pastikan anak menggunakan kamar mandi terpisah

Cuci Tangan

Jika memungkinkan, anak yang terpapar Covid-19 disarankan untuk menggunakan kamar mandi terpisah. Jika sarana ini tidak tersedia, Anda bisa mendesinfeksi semua permukaan kamar mandi setelah anak Anda menggunakannya.

Selain itu, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah Anda melakukan desinfeksi. Beritahu anggota keluarga lainnya juga agar selalu mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.

Jangan berbagi alat makan

Jangan berbagi peralatan makan termasuk piring, gelas, tempat tidur, handuk, dan lain-lain. Beri anak Anda handuk, tempat tidur, dan peralatan makanan khusus agar penyebaran Covid-19 pun dapat diminimalisir.

Ingatkan anggota keluarga untuk selalu mencuci tangan

Semua anggota keluarga harus sering mencuci tangan dengan sabun, Terlebih jika ada kontak dengan anak Anda yang terpapar Covid-19. Cuci tangan Anda sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah batuk atau bersin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini