Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Marc Marquez Tampil Memble di Tes Pascabalap MotoGP Spanyol

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 620 2405913 penyebab-marc-marquez-tampil-memble-di-tes-pascabalap-motogp-spanyol-libsNd1EcF.jpg Marc Marquez saat turun di MotoGP Spanyol 2021. (Foto: @HRC_MotoGP))

JEREZ – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkap alasan kenapa kurang tampil maksimal di tes pascabalap yang dilangsungkan di Sirkuit Jerez, Senin 3 Mei 2021. Pembalap 28 tahun itu mengaku belum dalam kondisi fisik yang prima, sehingga gagal mendapatkan hasil optimal.

Uji coba pascabalap menjadi kesempatan untuk mengetes sejumlah perangkat motor baru. Hal itu sangat penting, terutama setelah Marquez hanya bisa mengakhiri MotoGP Spanyol di peringkat kesembilan.

Marc Marquez

(Marc Marquez saat kecelakaan di sesi latihan bebas 3 MotoGP Spanyol 2021)

Sayangnya, Marquez hanya bisa melaju selama beberapa putaran saja. Kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya pulih memaksa rider berkebangsaan Spanyol tersebut menepi lebih awal dan mempersiapkan diri menghadapi MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti Le Mans. Alhasil, Marquez hanya menempati posisi 16, terpaut 1,424 detik dari Maverick Vinales di posisi pertama.

“Kami tak terlalu banyak melakukan uji coba, dan hanya melakukan satu kali tes. Karena pada tes kedua, tubuh saya sudah kaku. Leher dan bahu kanan saya terasa kaku, sama seperti di Portimao,” kata Marquez di laman resmi Repsol Honda.

“Kami berbicara dengan tim dan memutuskan untuk menghentikan uji coba. Kami harus lebih memahami langkah untuk segera berbenah. Saya akan berudaha memperbaiki diri di Le Mans,” ujarnya.

BACA JUGA: Marc Marquez Memble, 5 Pembalap Ini Kandidat Kuat Juara MotoGP 2021

Kondisi Marquez sendiri diperparah dengan kecelakaan pada sesi latihan bebas 3, Sabtu, 1 Mei 2021. Dia sempat berharap rasa sakitnya menghilang, tetapi menyadari jika kondisinya belum 100 persen siap.

“Kecelakaan pada hari Sabtu tak ikut menolong. Saya sempat berpikir jika tubuh saya sudah mulai siap dan lebih baik. Tetapi, saya bisa langsung tahu jika tidak dalam kondisi siap berkendara,” tutur Marquez.

Marc Marquez

Setelah absen sembilan bulan akibat patah lengan kanan, Marc Marquez kesulitan bersaing di barisan depan dalam dua race awal turun di MotoGP 2021. Setelah finis ketujuh di MotoGP Portugal 2021, The Baby Alien –julukan Marc Marquez– cuma menyelesaikan balapan di tangga kesembilan MotoGP Spanyol 2021.

Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Marc Marquez kembali ke performa terbaiknya? Akankah Marc Marquez pensiun di akhir MotoGP 2021? Sebelumnya, Marquez pernah berkata akan pensiun dari MotoGP ketika dirinya tak lagi tampil kompetitif.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini