Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangga Buatan Indonesia, 6,1 Juta UMKM Siap Masuk Marketplace

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 620 2406564 bangga-buatan-indonesia-6-1-juta-umkm-siap-masuk-marketplace-mhHZwG0BUr.jpg Bangga Produk Dalam Negeri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah terus melakukan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia guna mendorong pemulihan ekonomi yang ditopang pelaku usaha dan industri mikro kecil dan menengah.

Gernas BBI pun akan hadir di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provisi Jawa Tengah melalui festival JogloSemar ( Yogyakarta, Solo dan Semarang) : "Artisan Of Java".

Baca Juga: Target Transaksi Hari Bangga Buatan Indonesia Rp11,5 Triliun

"Kementerian Perindustrian turut berperan aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan mengusung Festival Joglosemar di sepanjang bulan Mei 2021 ini, dengan acara puncaknya akan dilaksanakan di Candi Borobudur pada tanggal 20 Mei 2021," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah, dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih dalam Webinar Gernas BBI Festival Joglosemar, Kamis (6/5/2021)

Dia menjelaskan bahwa dalam Gernas BBI kali ini ada tiga hal yang ingin dicapai. Pertama,meningkatkan jumlah pelaku IKM yang masuk di pemasaran online. Kedua, menciptakan value creation bagi pelaku IKM. Terakhir, meningkatkan permintaan produk artisan.

"Festival Joglosemar ini mengangkat IKM artisan dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Manfaatkan Gernas BBI untuk meningkatkan omset, perbaiki kualitas dan branding barang sehingga akan semakin banyak artisan Indonesia." Jelasnya.

Baca Juga: Transaksi Hari Bangga Buatan Indonesia Ditarget Rp1,5 Triliun, Subsidi Ongkir Rp20.000

Artisan Indonesia itu sendiri merupakan usaha mikro, kecil dan menengah yang menghasilkan produk dan jasa dengan nilai tambah dan kualitas tinggi, serta keunikan dan spesialisasi yang tidak banyak dimiliki oleh pesaing Negara lainnya.Oleh karena itu, sudah menjadi tugas pemerintah untuk selalu mendorong serta membuka akses masyarakat untuk lebih mudah belanja produk lokal terutama produk IKM.

“Tahun 2020, sebanyak 3,8 juta UMKM telah onboarding di marketplace dari target 2 juta UMKM. Tahun ini kami menargetkan 6,1 juta UMKM masuk di marketplace dengan omset yang meningkat,” kata Gati.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pengembangan IKM agar hasil produksinya memiliki kualitas yang sesuai dengan permintaan pasar, salah satunya melalui program e-Smart IKM yang bertujuan mendorong pelaku IKM berjualan di platform digital antara lain melalui marketplace Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, IndoTrading dan Dana.

“Kampanye #FestivalJoglosemar mencita-citakan untuk mendorong partisipasi seluruh masyarakat Indonesia agar mencintai dan bangga terhadap produk lokal yang memperhatikan peningkatan kualitas dan branding sehingga produk kita dikenal di kancah internasional,” tutup Gati.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini