Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Mengatasi Bau Badan Tak Sedap yang Mengganggu Aktivitas

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 620 2408549 5-cara-mengatasi-bau-badan-tak-sedap-yang-mengganggu-aktivitas-UprCaolygi.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TUBUH sering berkeringat saat beraktivitas di luar ruangan tentu menimbulkan bau badan tak sedap. Lantas, bagaimana cara mengatasi9nya?

Perku diketahui nih, bau badan tak hanya muncul karena tubuh berkeringat saja, tapi juga dipengaruhi oleh bakteri yang ada di kulit. Bakteri di kulit bisa memecah protein pada keringat menjadi zat asam yang memicu bau badan.

Tak perlu khawatir, ada sederet cara mengatasi bau badan tak sedap yang mengganggu aktivitas Anda. Yuk simak ulasannya dilansir dari Dettolinvigorate, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Curhat Tengku Zulkarnain saat Dirinya Positif Covid-19

1. Jangan makan sembarangan

 makan

Anda perlu tahu, makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa memengaruhi timbulnya bau badan. Beberapa jenis makanan dapat menjadi pemicu yang menyebabkan produksi keringat berlebih pada tubuh. Misalnya makanan pedas, berlemak dan makanan lain yang memiliki baunya tajam seperti bawang.

2. Perhatikan jenis bahan pakaian

Sebelum memulai aktivitas, Anda harus mengenakan pakaian yang menyerap keringat. Pakai pakaian katun yang nyaman dan ringan digunakan. Apalagi ketika Anda sering menghabiskan waktu di luar ruangan saat sinar matahari terik.

3. Mengontrol stres

Saat stres hormon akan berubah dan membuat tubuh memproduksi lebih banyak keringat. Meski sebenarnya cairan keringat yang alami dari tubuh itu tidak berbau.

Akan tetapi, karena ada bakteri yang berkembang biak pada kulit, jadilah bau badan. Salah satu langkah mencegahnya ialah mengontrol stres, sering-sering lakukan relaksasi di sela aktivitas yang padat.

 

4. Mandi pakai sabun antibakteri

 mandi

Mandilah secara teratur sebanyak 2–3 kali sehari untuk menghilangkan bau badan. Saat mandi, pastikan area yang sering berkeringat terbasuh dengan bersih dan menyeluruh.

Disarankan Anda menggunakan sabun aktibakteri yang mengandung bahan alami. Seperti aroma buah-buahan segar dan bunga yang umum. Anda bisa menggunakan sabun batang atau sabun cair yang penting nyaman dipakai.

5. Keringkan badan dengan benar

Setelah mandi, pastikan Anda sudah mengeringkan badan dengan benar. Khususnya pada area-area tubuh tertentu yang biasanya banyak menghasilkan keringat. Tepatnya dari ketiak, siku lengan, atau bagian belakang lutut kaki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini