Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juventus Dihukum Calciopoli pada 2006, Zlatan Ibrahimovic Ngamuk

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 620 2408913 juventus-dihukum-calciopoli-pada-2006-zlatan-ibrahimovic-ngamuk-d8zInELHkN.jpg Zlatan Ibrahimovic (kanan) ditarik Chiellini. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

JUVENTUS terancam dicoret dari Liga Italia musim depan karena keputusan mereka yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, yang mengucapkan langsung ancaman hukuman di atas.

“Ketika klub menerima untuk ambil bagian di Liga Italia, mereka harus menerima aturan-aturan badan internasional. Jelas, jika Juventus tidak menjalankan aturan ini, mereka akan dilarang tampil di liga domestik,” kata presiden FIGC, Gabriele Gravina, mengutip dari Football Italia, Selasa (11/5/2021).

Juventus

Kondisi saat ini tak jauh berbeda dengan yang dialami Juventus 15 tahun lalu. Pada musim panas 2006, Juventus dinyatakan terlibat skandal pengaturan skor atau Calciopoli.

CEO Juventus saat itu Luciano Moggi dan salah satu direktur mereka, Antonio Giraudo, dinilai menghubungi wakil presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Innocenzo Mazzini.

Tujuan Moggi dan Giraudo menghubung Mazzini saat itu supaya Juventus diuntungkan dalam pemilihan wasit. Jika wasit yang dipilih dapat disogok, hal itu dapat membantu Juventus mendapat hasil maksimal di laga-laga Liga Italia 2004-2005 dan 2005-2006.

BACA JUGA: Juventus Tampak Kuat saat Terlibat Calciopoli, namun Memble ketika Dicoret dari Liga Italia

Akibat terbukti bersalah, Juventus mendapat hukuman telak. Selain trofi Liga Italia 2004-2005 dan 2005-2006 dicopot, mereka juga dipaksa didegradasi ke Serie B atau kasta kedua sepakbola Italia.

Hal itulah yang membuat Ibrahimovic kesal. Dalam pandangannya, ia dan pemain Juventus lainnya merasa tidak pernah diuntungkan wasit. Penyerang yang masih eksis di usia 39 tahun ini menyebut calciopoli hanyalah omong kosong.

Zlatan Ibrahimovic

(Ibrahimovic saat membela Juventus)

“Semua itu hanya omong kosong, setidaknya sebagian besar hanyalah sampah. Wasit menolong kami? Yang benar saja! Kami bertarung keras di tengah lapangan. Pemain mengambil risiko cedera dan menang tanpa pertolongan wasit. Tudingan itu omong kosong,” tulis Ibrahimovic di autobiografi-nya, I am Zlatan.

Sayangnya, Ibrahimovic membuat kesal fans Juventus saat itu. Di musim panas 2006, Ibrahimovic memutuskan meninggalkan Juventus. Penyerang berpaspor Swedia ini memilih membelot ke rival Juventus, Inter Milan.

Ibrahimovic pun tak sendirian pindah ke Inter Milan. Ia hengkang bersama gelandang Juventus, Patrick Vieira. Selain dua nama di atas, ada empat pemain lain yang meninggalkan Juventus pada musim panas 2006. Mereka ialah Emerson dan Fabio Cannavaro (Real Madrid) serta Gianluca Zambrotta dan Lilian Thuram (Barcelona).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini