Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadilah Pelaku Perjalanan Bertanggung Jawab, Karantina Mandiri 5 Hari Usai Bepergian

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 620 2413932 jadilah-pelaku-perjalanan-bertanggung-jawab-karantina-mandiri-5-hari-usai-bepergian-lofBPFTZBI.jpg Ilustrasi karantina mandiri (Foto : Indianexpress)

Meningkatnya kasus Covid-19 pasca libur panjang Lebaran 1442 Hijriah membuat pemerintah tegas dalam mengambil sikap dalam upaya mencegah infeksi penularan penyakit. Meski demikian, upaya yang dilakukan pemerintah tidak bisa berjalan dengan baik tanpa dibarengi dengan kesadaran masyarakat.

Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Sabtu (22/5/2021), unggahan tersebut mengajak para pelaku perjalanan untuk bertanggung jawab. Salah satunya dengan memupuk kesadaran dengan melakukan karantina mandiri usai pulang bepergian.

“Segera lapor RT dan melakukan karantina mandiri selama 5 x 24 jam saat tiba di daerah tujuan,” tulis unggahan tersebut.

Karantina Mandiri

Sebagaimana diketahui, karantina mandiri adalah memisahkan seseorang yang terpapar Covid-19 yang bertujuan untuk mengurangi risiko penularan. Terpapar melalui riwayat kontak atau riwayat bepergian ke wilayah yang telah terjadi transmisi komunitas. Dilakukan meskipun seseorang belum menunjukkan gejala apapun atau sedang dalam masa inkubasi.

Baca Juga : Gaya Wika Salim Sebut Jago Bikin Kopi Susu, Netizen Ngacung Berebut Jadi Pacar

Karantina dinyatakan selesai saat hasil tes PCR pada hari kelima karantina negatif, atau setelah 14 hari jika tidak dapat melakukan pemeriksaan tes PCR atau rapid tes antigen.

Baca Juga : 4 Gaya Seksi DJ Joana Bikin Mata Pria Susah Kedip

Lebih lanjut, berdasarkan salah satu studi, isolasi mandiri dan karantina dalam satu rumah dapat menurunkan peluang penularan Covid-19 sebesar 64 persen. Selain itu menerapkan protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengenakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini