Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Sebut Pergerakan Pesawat Naik tapi Maskapai Bilang Sepi

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 620 2424708 menhub-sebut-pergerakan-pesawat-naik-tapi-maskapai-bilang-sepi-UZrwn8csoI.jpg Pesawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah mengumumkan sudah ada pemulihan pergerakan pesawat mencapai 60% di tahun kedua masa pandemi covid-19.

Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Theodora Erika mengatakan berdasarkan data penerbangan maskapai Sriwijaya saat ini memang belum kembali masuk ke frekuensi masa-masa normal atau bila dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.

"Jadi secara load factor masih rendah untuk Sriwijaya," kata Erika saat dihubungi Okezone di Jakarta (14/6/2021).

Baca Juga: Menhub Sebut Pergerakan Pesawat Semakin Membaik, Sudah di Atas 60% 

Namun, dia juga mengingatkan nada optimistis tetap diperlukan untuk penyemangat. "Walaupun dari sisi animonya yang masih rendah tapi kami yakin kondisi ini segera membaik ya. Kami menyarankan untuk penerapan masker dan tertib cuci tangan terus digalakkan walaupun pandemi selesai," katanya.

Terkait kabar viral soal antrian panjang validasi tes covid-19 di terminal tiga bandara Soekarno-Hatta, dia menyampaikan Sriwijaya tidak terpengaruh. Karena memang Sriwijaya tidak beroperasi di terminal tersebut.

"Sampai saat ini belum ada lonjakan penumpang. Namun Sriwijaya Air selalu siap. Seluruh upaya terbaik selalu kami lakukan untuk kenyamanan dan keselamatan pax dalam penerbangan. Tapi kebetulan kami memang tidak beroperasi di terminal 3," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pergerakan pesawat di Indonesia di tahun kedua masa pandemi Covid-19 semakin membaik. Secara nasional, pergerakan pesawat sudah mencapai 60 persen dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

“Dari apa yang dilaporkan oleh Dirut AirNav bahwa secara nasional pergerakan pesawat di Indonesia sudah di atas 60 persen. Sedangkan di Soekarno-Hatta kira-kira di atas 50 persen dibandingkan masa normal. Ini sudah ada satu kenaikan dari masa awal pandemi yang pergerakannya sangat rendah,” ujar Budi Karya saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (13/6/2021).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini