Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Epidemolog Minta Pemerintah Ubah Strategi Tangani Varian Baru Covid-19

Erfan Maaruf, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 620 2426020 epidemolog-minta-pemerintah-ubah-strategi-tangani-varian-baru-covid-19-vcVrziqg6X.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock
A A A

JAKARTA - Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mendorong pemerintah pusat melakukan perubahan strategi, untuk melakukan menekan angka positif Covid-19 dan Covid varian baru. Sebab, Jakarta sebagai episentrum telah mengalami lonjakan, apa lagi di daerah lain.

Dicky mengungkapkan, saat ini Indonesia mulai memasuki puncak gelombang Covid-19 pertama. Selain akumulasi dari setahun pandemi Covid-19, juga keberadaan varian-varian baru seperti varian Alpha dan varian Delta.

Baca juga:  Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Bus Sekolah Pengangkut Pasien Covid-19 Ditambah

Langkah yang perlu dilakukan yakni melakukan perubahan strategi penanganan. Apalagi di luar Jakarta, jika dibiarkan akan mengalami ledakan dahsyat terlebih daerah lainnya.

"Pemerintah pusat betul-betul harus merubah strategi, karena apa yang terjadi di Jakarta representasi dari daerah lain. Bahkan ada yang lebih buruk potensinya karena Jakarta bisa memiliki data lebih baik dibandingkan dengan provinsi lain," kata Dicky saat dihubungi MNC, Selasa (16/6/2021).

 Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Uji Coba PTM di Kota Bandung Dihentikan

Dia menyebut, langkah awal yang paling ampuh untuk mengendalikan angka tersebut adalah testing-tracing-isolate. Hal itu dapat dilakukan sebagai upaya langkah awal menelan kasus Covid-19.

Dia menilai, jika langkah tersebut dilewati dan langsung dirawat di rumah sakit, akan terjadi kepanikan karena fasilitas kesehatan yang tak memadai.

"Pendekatannya tak boleh lagi masing-masing dan datanya tidak berbasis sains," tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini