Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lonjakan Kasus Covid-19 Diperkirakan Berlangsung hingga Pertengahan Juli

Erfan Maaruf, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 620 2427088 lonjakan-kasus-covid-19-diperkirakan-berlangsung-hingga-pertengahan-juli-lVAgJi7ZrI.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyebut lonjakan kasus Covid-19 saat ini akibat libur panjang Hari Raya Idul Fitri.

Dia pun memperkirakan puncak penyebaran Covid-19 akan terus terjadi hingga pekan kedua atau pertengahan Juli 2021.

"Puncak (Covid) ini diprediksi sampe 5 pekan ke depan artinya di akhir Juni sampai Juli minggu ke-2," kata Sini Nadia yang juga Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (18/6/2021).

Dia menjelaskan, peningkatan Covid-19 saat ini terjadi dampak dari mobilisasi massa secara besar pada saat sebelum bulan suci Ramdhan, hingga pascalibur Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 Melonjak, Ini Lima Rekomendasi Mantan Direktur WHO

"Peningkatan yang merupakan dampak mobilitas saat sebebelum Ramadhan, sebelum lebaran, pasca lebaran dan protokol kesehatan yang kendor," jelasnya.

Siti Nadia menyebut untuk menekan angka penyebaran yang lebih luas dia meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan 5M mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca juga: Kemenkes: 90% Tenaga Kesehatan yang Terpapar Covid-19 di Kudus Sembuh

"Sekarang masyarakat tetap disipilin 5M dan tes untuk deteksi dini sehingga kasus lbebih cepat terdeteksi," pungkasnya

Follow Berita Okezone di Google News

(fkh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini