Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiru Cara Amerika, Bali Bakal Jadi Tempat Wisata Vaksin

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 27 Juni 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 620 2431713 tiru-cara-amerika-bali-bakal-jadi-tempat-wisata-vaksin-bBAYlwUgKn.jpg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

PROGRAM vaksinasi Covid-19 memang tengah dipercepat guna mendorong kekebalan kelompok atau herd immunity. Hal ini tidak terlepas dari varian Delta yang semakin mudah menyebar seiring dengan kendurnya protokol kesehatan di masyarakat.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan program vaksinasi memang oerlu didukung dengan perluasan temoat untuk melakukan vaksin. Oleh karenanya, dia melihat program ‘Wisata Vaksin’ bisa menjadi salah satu solusi.

“Kalau mau mempercepat supaya herd immunity itu baik, maka memang kita harus mengubah strategi, untuk menyediakan tempat vaksinasi yang lebih banyak lagi,” kata Daeng dikutip dari unggahan video di Instagram Menparekraf Sandiaga Uno.

Menurut Daeng, ‘Wisata Vaksin’ dapat menjadi bentuk partisipasi Kemenparekraf dalam upaya mewujudkan herd immunity. “Kementerian pariwisata sangat bisa berpartisipasi, mungkin ada program wisata vaksin,” ujarnya.

Sandiaga melanjutkan, program Wisata Vaksin sendiri merupakan perintah langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut karena, berdasarkan data yang dimilikinya, masyarakat Indonesia tergiur dengan wisata berbasis vaksin di luar negeri seperti Amerika.

“Sudah terpantau big datanya, bahwa masyarakat indonesia sangat tergiur dengan wisata vaksin ke luar negeri, termasuk ke Amerika yang jauh di sana dengan diberi iming-iming vaksin Pfizer, Moderna, silakan pilih. Vaksinnya gratis, tetapi paket wisatanya puluhan juta,” kata Sandiaga.

Dia menjelaskan, program Wisata Vaksin ini akan diujicoba di Provinsi Bali, sebagai tempat yang perekonomiannya sangat terdampak pandemi Covid-19. Dengan ini, diharapkan perekonomian Bali kembali pulih dan dapat membuka lapangan kerja.

“Lewat wisata vaksin, wisatawan akan ditawarkan paket wisata sekaligus pemberian vaksin. Pemberian vaksin dalam paket ini diprioritaskan untuk wisatawan lokal," jelasnya.

"Vaksin untuk wisatawan mancanegara akan dikemas dalam bingkai vaksin mandiri sehingga tidak akan mengambil porsi vaksin gratis untuk warga Indonesia,” tulis Sandiaga di keterangan video Instagramnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini