Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Sarankan Pakai Masker Ganda, Termasuk Anak-Anak?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 620 2432801 kemenkes-sarankan-pakai-masker-ganda-termasuk-anak-anak-mXmuT4jkfb.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

KASUS Covid-19 pada anak cukup mengkhawatirkan saat ini. Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebanyak 12,5 persen dari kasus positif Covid-19 merupakan anak usia 0-18 tahun.

Mirisnya lagi, 3 sampai 5 persen dari anak yang terinfeksi Covid-19 dinyatakan meninggal dunia dengan 50 persennya berusia balita. Dengan data tersebut, tercatat bahwa Indonesia sebagai negara nomor satu kasus kematian anak akibat Covid-19.

Di masa kenaikan kasus seperti sekarang, proteksi pada anak-anak harus menjadi perhatian utama para orangtua. Terlebih, beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa varian Delta Covid-19 yang saat ini sedang merebak di masyarakat banyak menjangkit anak-anak.

Masker

Kementerian Kesehatan pun kemudian mengimbau masyarakat agar menggunakan masker ganda saat harus terpaksa keluar rumah. Tapi, apakah imbauan ini juga termasuk untuk anak-anak?

"Imbauan ini tidak untuk anak-anak, karena perlindungan terbaik anak-anak dari paparan virus adalah tidak keluar rumah," tegas Juru Bicara Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga : Cegah Terpapar Varian Lambda, Kemenkes Imbau Pakai Masker Ganda!

Selain memastikan anak tidak keluar dari rumah, Siti Nadia juga mengingatkan agar para orangtua atau anggota keluarga lainnya yang tinggal bersama anak-anak untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ini amat sangat penting untuk memaksimalkan proteksi anak-anak dari paparan virus.

"Ya, enggak kalah penting adalah memastikan apakah saat tiba dari luar, langsung nerapin prokes atau enggak, padahal ini memberi pengaruh juga ke kesehatan si anak di rumah. Makanya, prokes itu penting banget dijalankan buat orangtua yang terpaksa keluar rumah," kata Nadia.

Selain itu, vaksinasi menjadi penting juga untuk memproteksi anak-anak. Jadi, sangat diharapkan partisipasi orangtua atau orang dewasa lainnya untuk menerima vaksin supaya dapat memberi perlindungan juga ke si anak.

"Intinya, anak-anak bisa terlindungi dari paparan virus jika dia tidak keluar rumah dan seluruh orang yang ada di rumah menerima vaksin dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik," kata dia.

"Kalau soal masker ganda untuk anak-anak, satu masker saja anak-anak suka susah. Jadi, lebih baik upaya yang dilakukan adalah memastikan anak tidak diajak keluar rumah buat makan di restoran atau pergi keluar bersama orangtuanya," sambung Siti Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini