Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Tanda Bahaya Anak Positif Covid-19 Harus Segera Dibawa ke RS

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 620 2433806 9-tanda-bahaya-anak-positif-covid-19-harus-segera-dibawa-ke-rs-3ElZy5dmO5.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

MEMILIKI imunitas tinggi, anak menjadi golongan dengan risiko rendah terpapar Covid-19. Namun, bukan berarti anak terbebas dan tidak akan terinfeksi Covid-19.

Anak masih mungkin terkena Covid-19. Dengan imunitas yang tinggi, anak-anak memiliki peluang lebih besar untuk sembuh dari Covid-19. Selain itu anak-anak juga biasanya hanya mengalami gejala ringan, bahkan tanpa gejala saat terinfeksi.

Namun dalam beberapa kasus tertentu, anak-anak bisa saja mengalami peningkatan kasus menjadi sedang atau berat. Merangkum dari laman Instagram pribadi @yovitaananta, Dokter Spesialis Anak Konselor Laktasi RS Pondok Indah, dr. Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBCLC, menjelaskan beberapa tanda-tanda bahaya Covid-19 pada anak.

Baca Juga : Wajib Tahu! 14 Aturan Isolasi Mandiri Anak-Anak

Anak Covid-19

Ia mengimbau para orangtua atau pengasuh untuk segera membawa anak menuju dokter atau fasilitas kesehatan yang menangani Covid-19. Tanda bahaya tersebut meliputi:

1. Anak banyak tidur atau kesadaran menurun.

2. Napas cepat

3. Cekungan di dada, hidung kembang kempis.

4. Saturasi oksigen <95 persen.

5. Muntah, mencret, dan tidak masuk asupan.

6. Tanda dehidrasi.

7. Kejang.

8. Demam terus-menerus disertai mata merah, ruam, leher bengkak.

9. Anak dengan penyakit penyerta atau penyakit kronik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini