Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ki Manteb Sudharsono Sakit Usai Pentas di Jakarta

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 620 2434491 ki-manteb-sudharsono-sakit-usai-pentas-di-jakarta-rRARt5NwMH.jpg Ki Manteb Sudharsono (Foto : Istimewa)

KARANGANYAR - Dalang kondang Ki Manteb Sudarsono tutup usia. Meninggalnya sang maestro mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, belum lama ini, Ki Manteb Sudarsono mendalang bersama dengan para dalang muda di Kampung halamannya, di Karanganyar.

Kepiawaian Ki Manteb dalam mendalang tak lagi diragukan. Bahkan, sebelum meninggal, Ki Manteb baru saja pulang pentas dalang di Jakarta.

Baca juga:  Ki Manteb Sempat Perbaiki Wayang Kulit di Rumahnya Sebelum Meninggal

Menurut Ade Irawan, keponakan dari Ki Manteb, saat pergi ke Jakarta, Ki Manteb masih dalam kondisi sehat. Dalang kondang itu ke Jakarta ditemani sang istri dan satu orang anaknya.

"Ki Manteb ke Jakarta naik mobil pribadi. Almarhum ditemani istrinya dan satu orang putranya," jelas Ade, Jumat (2/7/2021).

Baca juga:  Ki Manteb Sudharsono Meninggal, Dory Harsa dan Nella Kharisma Berduka

Di Jakarta, Ki Manteb mendalang di sebuah acara. Namun, Ade sendiri tak tahu persis apa acara yang dihadiri pamannya itu. Usai pulang dari Jakarta, sebenarnya Ki Manteb kondisinya sudah terlihat lelah. Apalagi, Ki Manteb memiliki riwayat penyakit Paru-paru.

Namun bukannya beristirahat, Ki Manteb malah justru kembali mendalang melalui live streaming dari rumahnya.

"Setibannya dari Jakarta, istirahat sehari, terus besoknya dalang dari rumah secara live streaming," terangnya.

Usai mendalang secara live streaming itulah, Ki Manteb jatuh sakit. Dokter pribadi pun dipanggil untuk memeriksa kesehatan Ki Manteb.

"Habis itu, Ki Manteb jatuh sakit. Dipanggilkan dokter, kemudian diinfus di rumah selama dua hari," ujar Ade yang juga sekretaris desa setempat.

Menurut Ade, dirinya sempat mencari infus untuk Ki Manteb. Dari hasil swab antigen, Ki Manteb positif terpapar virus Covid. Kondisi itu diperparah dengan penyakit paru-paru yang diderita oleh Ki Manteb Sudarsono.

"Dari hasil swab antigen, Ki Manteb positif terpapar virus Corona. Kondisi itu diperparah penyakit Paru-paru yang sudah lama diderita oleh bapak," ujarnya.

Selain Ki Manteb, hasil swab antigen, sang istri pun terpapar Covid. Hanya anak dan driver Ki Manteb yang hasil pemeriksaan swab antigen negatif. Sebenarnya, saat kondisi Ki Manteb semakin memburuk, pihak keluarga hendak dibawa ke rumah sakit. Namun seluruh rumah sakit dalam kondisi penuh.

Baru pada hari Jumat ini, Ki Manteb sudah mendapatkan rumah sakit khusus pasien Covid-19. Namun, belum sempat di bawa ke rumah sakit Jati Husada, Ki Manteb keburu meninggal dunia.

"Rencana nanti sore baru mau dibawa ke rumah sakit Jati Husada. Tapi bapak keburu meninggal dunia," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini