Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pria Sulap Bank Bangkrut Kini Punya Aset Rp7,7 Triliun

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 620 2434702 kisah-pria-sulap-bank-bangkrut-kini-punya-aset-rp7-7-triliun-1svji5gfpI.jpg Bank (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Membangun bisnis dari nol dan nyaris bangkrut tidak perkara mudah. Hal ini dirasakan oleh Alex P Chandra. Alex harus mempertaruhkan seluruh modal dan karier untuk membeli bank yang nyaris bangkrut.

"BPR Sri Artha Lestari waktu itu asetnya cuma Rp300 juta. Kredit macetnya hampir 70%," katanya dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (2/7/2021).

Langkah nekat Alex bersama dua rekannya ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Empat tahun pertama, ternyata menjadi tahun yang penuh dengan perjuangan. Saat itu, belum ada transaksi bahkan lowongan pekerjaan pun tak digubris.

"Cari nasabah susah, cari karyawan juga enggak ada yang mau kerja sama saya," ujar Alex yang kini sebagai Chairman Lestari Group.

Alex mengaku sangat sulit untuk membangun kepercayaan masyarakat. “Ya yang pertama percaya sama saya baru keluarga dan relasi aja. Susah cari nasabahnya," ujar Alex.

Momentum kebangkitan Alex muncul di tahun 2003 ketika ada seorang nasabah yang memercayakan untuk menaruh deposito sebesar Rp25 juta. "I see the light at the end of the tunnel," kenangnya.

Keuletan Alex membawa angin segar, dua tahun berselang tepatnya di tahun 2005, BPR Lestari berhasil menembus aset Rp54 miliar. Kini, memasuki usia yang ke 22 tahun, di bawah naungan Lestari Group, BPR Lestari memiliki total aset Rp7,7 triliun.

BPR Lestari mampu menepis stigma masyarakat umum bahwa BPR adalah bank gurem. “Krisis pasti ada terus, ya kayak sekarang ini. Kita lagi proses menembus badai pandemi yang sudah lebih dari setahun ini. Tapi justru masa-masa ini kita justru lebih produktif dengan inovasi dan produk digital," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini