Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Kok Demam?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 620 2435607 usai-disuntik-vaksin-covid-19-kok-demam-AWBTXCuR3B.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

VAKSINASI semakin digencarkan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Suntik Vaksin Covid-19 bisa mengurangi tingkat kefatalan jika terpapar virus corona.

Namun, masih banyak orang yang ragu dan khawatir dengan efek samping dari vaksinasi Covid-19. Salah satunya adalah demam usai disuntik vaksin Covid-19.

Demam Usai Divaksin

Lantas kenapa usai disuntik vaksin Covid-19 seseorang mengalami demam? Bimo A. Teho, PH.D, peneliti Bioteknologi Associate Professor Universitas Putra Malaysia punya penjelasannya yang dikutip akun resmi Instagram Pemprov DKI Jakarta.

Vaskin memicu pembentukan antibodi dan mengaktifkan sel T yang memberi kita perlindungan terhadap infeksi. Dalam proses pembetukan kekebalan, IFN-I ikut membantu untuk mencapai kekebalan optimal.

Baca Juga : Beredar Foto Mike Tyson Tolak Vaksin Covid-19, Begini Faktanya

IFN-I inilah yang membuat kita merasa tidak nyaman. IFN-I adalah sinyal yang memerintahkan sistem imun kita untuk bereaksi jika kita kemasukan virus atau vaksin.

Tanda IFN-I sedang bekerja adalah muncul gejala mirip flu, seperti demam, sakit kepala dan ngilu di seluruh badan. Gejala-gejala tersebut bisa diatasi dengan obat pereda nyeri atau demam seperti parasetamol.

Jadi, demam, ngilu, pusing dan rasa enggak nyaman lainnya karena respon kekebalan tubuh kita terhadap vaksin. Responnya berbeda-beda setiap orang.

Bila perlu, minum obat penurun demam atau pereda nyeri. Kalau efek sampingnya parah, segera hubungi dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini