Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 4 Hal Ini jika Demam dan Saturasi di Bawah 94% saat Isolasi Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 620 2436753 lakukan-4-hal-ini-jika-demam-dan-saturasi-di-bawah-94-saat-isolasi-mandiri-iyoComdvt5.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

KASUS Covid-19 di Indonesia yang semakin melonjak membuat banyak masyarakat melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah. Meski demikian, seseorang dituntut untuk memiliki teknik tertentu agar bisa tetap aman menjalani isoman di rumah.

Sebagaimana diketahui, masyarakat yang melakukan isoman rata-rata memiliki gejala ringan bahkan tanpa bergejala. Meski demikian, konsultasi dan perawatan medis yang benar tetap diperlukan agar tubuh bisa sehat dengan cepat.

Isolasi Mandiri

Baca Juga : Terinfeksi Covid-19, Jangan Minum Obat-Obat Ini saat Isolasi Mandiri

Merangkum dari laman Instagram resmi Kemenkes, Rabu (7/7/2021), berikut beberapa hal yang wajib dilakukan saat melakukan isoman di rumah. Yuk, disimak.

1. Ikuti Instruksi tenaga kesehatan

Terkait obat-obatan harus diikuti dengan ketat selama mengalami Covid-19.

2. Jika mengalami demam, nyeri otor, atau sakit kepala

Konsumsi paracetamol dan minta petunjuk tenaga kesehatan terkait dosisnya. Dosis orang dewasa biasanya satu atau dua tablet 500mg atau satu tablet 650mg, maksimal empat kali dalam 24 jam. Selalu beri jarak antardosis minimal empat jam.

Untuk usia di bawah 18 tahun dan berat badan di bawah 50kg, konsultasikan dengan tenaga kesehatn soal dosis maksimum. Jika demam tetap berlanjut, tempelkan kain basah dingi di dahi

3. Jika kadar oksigen 90 persen atau lebih tapi di bawah 94 persen

Hubungi tenaga kesehatan atau minta perawatan medis di RS. Tenaga kesehatan mungkin akan memberikan resep steroid. Jika demam ikuti intruksinya dengan ketat, jangan melakukan pengobatan sendiri.

4. Jika kadar oksigen di bawah 90 persen

Anda mengalami Covid-19 berat. Hubungi penyedia layanan kesehatan atau minta segera dirawat di RS. Gunakan oksigen dan minum steroid sesuai anjuran tenaga kesehatan jika tidak bisa segera dirawat di RS.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini