Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Jumat Perbanyak Salawat, Keberkahan Besar Ini Akan Didapat

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 620 2441658 hari-jumat-perbanyak-salawat-keberkahan-besar-ini-akan-didapat-wukyUhEV23.jpg Ilustrasi amalan salawat di hari Jumat. (Foto: Shutterstock)

HARI Jumat penuh dengan keberkahan. Maka itu, umat Islam pun dianjurkan berlomba-lomba mempertebal amal salih. Salah satunya adalah memperbanyak salawat. kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Melantunkan salawat adalah bentuk menjalankan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Kemudian menjadi bentuk kecintaan kaum Muslimin kepada Nabi.

Baca juga: 8 Amalan Ini Bisa Dikerjakan di Rumah saat Sholat Jumat Ditiadakan Sementara 

"Salawat yang biasa kita ucapkan dan lafazkan adalah pengakuan cinta, pengikraran kasih kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Salawat bukan sekadar bacaan biasa, namun sebenarnya sangat luar biasa bagi yang mengetahui apa tujuan dan nilai di dalamnya," jelas Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Ilustrasi salawat di hari Jumat.

Lebih lanjut ia mengatakan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak membaca salawat pada hari Jumat. Sebab, salawat itu akan menjadi syafaat kelak di akhirat.

Hal itu sebagaimana hadis berikut ini:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: "Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan kepadaku setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR Baihaqi dalam Sunan Al Kubro)

Baca juga: Hari Jumat Jangan Lupa Baca Surah Al Kahfi, Yuk Ketahui Keutamaannya 

Kemudian terdapat sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam lainnya yang menerangkan hal serupa. Di mana Allah Subhanahu wa ta'ala akan menjawabnya sebanyak 10 kali setiap salawat yang dibaca, yaitu:

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

Artinya: "Pebanyaklah membaca salawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barang siapa membaca salawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya 10 kali." (HR Muslim Nomor 408)

Ustadz Ainul Yaqin menambahkan, Jumat adalah hari yang penuh keberkahan, hari yang dijadikan Sayiddul ayam atau rajanya hari-hari. Allah Subhanahu wa ta'ala juga memberikan banyak fadilah atau keutamaan, keistimewaan, waktu-waktu di dalamnya. Membaca salawat misalnya.

"Nabi mengajak umatnya membaca salawat. Bertujuan untuk mengajak hamba dan umatnya agar menjadi umat yang dibanggakan," pungkas Ustadz Ainul Yaqin.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Amalan Sunah di Hari Jumat, Nomor 4 Bersih-Bersih 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini