Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebutuhan Mendesak, Industri Percepat Pasok Oksigen Medis

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 620 2441812 kebutuhan-mendesak-industri-percepat-pasok-oksigen-medis-h92MCjsYwN.png Industri Percepat Pasok Oksigen Medis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Melonjaknya angka kasus COVID-19 membuat adanya peningkatan kebutuhan oksigen. Kementerian Perindustrian telah menyatakan akan menambah produksi oksigen hingga 922,9 ton per hari.

Saat ini,kapasitas maksimal produksi oksigen nasional tercatat mencapai 1.700 ton per hari yang pasokannya diharapkan terus akan naik untuk memenuhi pasokan oksigen.

“Kami melihat adanya kebutuhan pasokan oksigen yang mendesak bagi pasien COVID-19 sehubungan dengan lonjakan kasus per harinya. Dengan kolaborasi antar sektor industri untuk mendukung ketersediaan oksigen cair ini, kami berharap dapat membantu rumah sakit dan tenaga kesehatan dalam upayanya menyelamatkan pasien-pasien COVID-19,” ujar President Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra Erwin Ciputra dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: Jokowi Akui Terjadi Lonjakan Kebutuhan Oksigen Medis 

Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir, mengatakan, melonjaknya kasus Covid-19 akhir-akhir ini berdampak pada krisisnya pasokan oksigen medis di semua Rumah Sakit di seluruh Indonesia, terutama pada Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan darurat yang merawat pasien Covid-19 dan sangat membutuhkan oksigen.

Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan, jumlah kebutuhan gas oksigen medis di Indonesia saat ini sudah lebih dari 1.000 ton per hari. Padahal sebelumnya hanya sekitar 400 ton per hari atau 25 persen dari total produksi gas oksigen di Indonesia.

Namun, mengingat tengah terjadi peningkatan kasus yang terus terjadi, pemerintah mengantisipasi kebutuhan oksigen naik hingga 2.600 ton per hari.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut saat ini memang terjadi lonjakan kebutuhan oksigen medis di Tanah Air. Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya kasus positif virus corona yang didorong oleh varian delta.

"Kenaikan kasus Covid-19 masih terus terjadi. Dan ini telah menyebabkan lonjakan kebutuhan oksigen nasional untuk pengobatan covid baik itu yang berada di rumah sakit maupun yang berada di tempat isolasi," kata Jokowi saat berkunjung ke PT Aneka Gas Industri (Samator), Cakung, Jakarta Timur.

Kunjungan Presiden ke PT Aneka Gas Industri ini untuk memastikan pasokan dan distribusi oksigen medis nasional terkendali. Ia mengklaim pemerintah telah bekerja keras untuk hal tersebut.

"Pemerintah terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen secara nasional dan kita bekerja sama dengan industri-industri di dalam negeri untuk mengamankan pasokan dan distribusi oksigen medis yang dibutuhkan masyarakat, sehingga kebutuhan oksigen secara nasional bisa terpenuhi," terangnya.

Di sisi lain, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) memberikan bantuan berupa oksigen cair sebanyak 210 ton yang akan didistribusikan secara bertahap dalam kurun waktu satu bulan ke Rumah Sakit (RS) di DKI Jakarta dan Banten.

Dalam menyuplai oksigen cair yang dibutuhkan, Chandra Asri bekerjasama dengan PT Air Liquide Indonesia (Alindo), perusahaan pemasok gas untuk industri dan kesehatan.

Bantuan oksigen cair ini akan didistribusikan terutama bagi rumah sakit yang menjadi rujukan. Bantuan oksigen cair ini merupakan upaya Perusahaan untuk berkontribusi pada pasien dan rumah sakit yang saat ini sedang membutuhkan penanganan medis.

Bantuan oksigen cair yang mendapat dukungan dari Kementerian Perindustrian ini, rencananya, akan disalurkan ke beberapa unit Mayapada Hospital di DKI Jakarta serta rumah sakit lainnya di Jakarta dan Banten yang tergabung dalam Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (Arsada).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini