Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harapan Baru Lawan Varian Delta Covid-19, Dua Dosis Vaksin AstraZeneca dan Pfizer

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 620 2444740 harapan-baru-lawan-varian-delta-covid-19-dua-dosis-vaksin-astrazeneca-dan-pfizer-4ktWSOuWQB.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

VARIAN Delta saat ini mendominasi penyebaran infeksi Covid-19 di dunia. Sebelumnya varian Alpha yang lebih dominan menyebarkan infeksi ke sejumlah negara. 

Untuk menghentikan penyebaran varian Delta, hasil studi dari dua vaksin Covid-19 di Inggris memberikan harapan baru. Dalam studi disebutkan, dua dosis vaksin Pfizer dan vaksin AstraZeneca hampir sama efektifnya melawan varian virus Delta. 

Vaksin Covid-19

Namun penelitian tersebut menegaskan kembali, satu suntikan vaksin tidak cukup untuk mendapatkan perlindungan tinggi. Studi penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine ini mengonfirmasi temuan utama yang diberikan oleh Public Health England pada bulan Mei tentang kemanjuran vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech dan Oxford-AstraZeneca, berdasarkan data real-world.

Mengutip Reuters, Jumat (23/7/2021) pada studi yang dipublikasikan kemarin tersebut, mendapati bahwa dua dosis suntikan Pfizer mencapai 88 persen efektif untuk mencegah penyakit simtomatik dari varian Delta. Sementara, untuk perlindungan terhadap varian Alpha mencapai 93,7 persen.

Vaksin AstraZeneca

Sedangkan untuk AstraZeneca, dua dosis suntikan vaksinnya dikatakan mencapai 67 persen efektif terhadap varian Delta, naik dari 60 persen seperti yang dilaporkan sebelumnya dan 74,5 persen efektif terhadap varian Alpha, dibandingkan dengan perkiraan awal efektivitas yang hanya 66 persen.

Para peneliti menuliskan, perbedaan efektivitas vaksin terhadap varian Delta dan Alpha hanya sedikit. “Hanya perbedaan kecil dalam efektivitas vaksin yang dicatat dengan varian Delta dibandingkan dengan varian Alpha, setelah menerima dua dosis vaksin,” bunyi keterangan para peneliti Public Health England tersebut.

Baca Juga : Indra Rudiansyah, Putra Bangsa di Balik Terciptanya Vaksin AstraZeneca

Dalam penelitian yang sama, didapati bahwa satu dosis suntikan vaksin Pfizer efektif 36 persen dan 30 persen untuk vaksin AstraZeneca untuk melawan virus varian Delta.

“Temuan kami tentang penurunan efektivitas setelah dosis pertama akan mendukung upaya untuk memaksimalkan serapan vaksin dengan dua dosis, di antara kelompok rentan dalam konteks peredaran virus varian Delta,” kata penulis penelitian.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini