Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Perbedaan Gejala Covid-19 Berdasarkan Kelompok Usia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 620 2452936 ini-perbedaan-gejala-covid-19-berdasarkan-kelompok-usia-4ZMK7e7unN.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PENELITIAN menemukan beberapa perbedaan gejala Covid-19 berdasarkan kelompk usia. Para peneliti di aplikasi ZOE Covid-19 Symptom yang dikembangkan oleh Kings College London, menemukan, tanda pertama infeksi Covid-19 berubah berdasarkan usia.

Sebagaimana diketahui, gejala utama Covid-19 yang dikonformasi oleh NHS meliputi demam, batuk, kehilangan indera perasa serta penciuman yang biasa disebut dengan anosmia. Namun para ilmuwan mengatakan bahwa gejala awal Covid-19 bisa sangat berbeda-beda setiap kelompok umur. 

Sebagaimana dilansir Daily Record, Senin (9/8/2021), orang yang lebih tua cenderung tidak kehilangan inder apenciumannya, tetapi berisiko mengalami diare saat awal terinfeksi. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang berusia di atas 80 tahun lebih berpotensi mengalami sakit tenggorokan, nyeri dada, nyeri otot yang tidak biasa, nyeri pada mata, dan menggigil.

Gejala Covid-19

Sementara orang dengan rentang usia 16-39 tahun cenderung mengalami kehilangan penciuman, nyeri dada, sesak napas, sakit pada mata, dan sakit perut. Penelitian ini juga menemukan bahwa demam yang menjadi gejala utama yang dikonfirmasi, bukanlah tanda awal penyakit pada kelompok usia manapun. Peneliti juga memeriksa 18 gejala berbeda terkait dengan tanda-tanda awal Covid-19.

1. Kehilangan indera penciuman (Anosmia)

2. Sakit dada

3. Batuk terus-menerus

4. Sakit perut

5. Lepuh di kaki

6. Sakit mata

7. Nyeri otot yang tidak biasa

Baca Juga : 5 Gaya Menggoda Anya Geraldine yang Perankan Pelakor di Film Terbaru

Profesor Tim Spector, yang merupakan salah satu pendiri ZOE dan Profesor epidemiologi di King's College London, mengatakan bahwa mereka terus mendorong pesan kesehatan masyarakat bahwa ada lebih dari tiga gejala Covid-19.

“Data kami menunjukkan gejala yang lebih ringan dan sebanding dengan pilek, sakit kepala dan sakit tenggorokan di antara gejala utama untuk semua kelompok. Tidak mungkin pemerintah akan mengubah daftar resmi gejala Covid-19 dalam waktu dekat, jadi kami meminta orang-orang untuk menyebarkannya,” ujar Prof Spector.

Ia juga menyarankan apabila seseorang merasa sakit, maka segera lakukan tes lateral. Jika seseorang dinyatakan positif, maka konfirmasikan dengan tes PCR. Intinya, jika seseorang merasa sakit, maka segera lakukan tes tanpa harus menunda-nunda.

Berikut gejala Covid-19 berdasarkan usia, gejala akan berkembang dalam tiga hari pertama.

1. Kelompok berusia 16 hingga 39 tahun:

Kehilangan indera penciuman (Anosmia)

Nyeri dada

Sesak napas

Nyeri atau sakit pada mata

Sakit perut

2. Kelompok berusia 40 hingga 59 tahun:

Sakit dada

Kehilangan indera penciuman

Sakit perut

Batuk terus-menerus

3. Kelompok berusia 60 hingga 79 tahun:

Gejala Covid-19

Sakit dada

Nyeri otot

Sesak dan napas pendek

Kehilangan indera penciuman

4. Kelompok berusia di atas 80 tahun:

Diare

Sakit tenggorokan

Nyeri dada

Nyeri otot yang tidak biasa

Nyeri atau sakit pada mata

Menggigil

Studi yang dipublikasikan di Lancet Digital Health ini menganalisis data dari orang-orang yang terinfeksi Covid-19 antara April hingga Oktober 2020. Sekira 32.000 orang tertular Covid-19 dengan analis yang menyelidiki gejala yang mereka alami untuk menarik kesimpulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini