Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajib Tahu, Ini Keutamaan Baca Bismillah Sebelum Makan

Hantoro, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 620 2461275 wajib-tahu-ini-keutamaan-baca-bismillah-sebelum-makan-0E6crQu5Hh.jpg Ilustrasi baca doa Bismillah sebelum makan. (Foto: Shutterstock)
A A A

SEBELUM makan, setiap Muslim disunahkan membaca doa Bismillah. Ada keutamaan besar di baliknya. Hal ini sebagaimana ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam kepada umatnya.

Bismillah sendiri memiliki arti 'Dengan menyebut nama Allah'. Ini supaya aktivitas makan kaum Muslimin lebih mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dinukil dari laman Muslim.or.id, hadis yang menjadi landasan seputar hal ini adalah sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam kepada Umar bin Abu Salamah yang kala itu masih belia:

يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ » . فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ

Artinya: "Wahai Anakku, bacalah 'bismilillah', makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu. Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu." (HR Bukhari Nomor 5376 dan Muslim Nomor 2022)

Baca juga: Alquran dan Sains: Bulan "Bertanggung Jawab" Terjadinya Pasang Surut Air Laut 

Ilustrasi membaca bismillah sebelum makan. (Foto: Freepik)

Lalu bagaimana hukum membaca bismillah sebelum makan? Apakah sunah atau wajib?

Sebagian orang berpandangan sunah. Tapi lebih tepat dikatakan bahwa hukum membaca Bismillah sebelum makan adalah wajib.

Meski sejatinya ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hal ini, pendapat yang lebih rajih –Allahu a'lam– adalah pendapat yang menyatakan wajib.

Dalilnya adalah hadis Umar bin Abi Salamah tersebut. Di dalamnya terdapat indikasi kuat yang mendukung pendapat tersebut. Di antaranya adalah:

Perintah Rasulullah Shallallahu’alaihi wassallam untuk membaca Bismillah sebelum makan kepada Umar bin Abi Salamah. Beliau sampaikan saat Umar bin Abi Salamah masih kecil.

Baca juga: Buat Ayah dan Bunda, Ini 8 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Islami Bermakna Mulia 

Bila anak kecil saja sudah diperintahkan untuk membaca Bismillah sebelum makan, maka untuk orang dewasa tentu lebih ditekankan lagi.

Ada kaidah yang menyatakan:

الأصل في الأمر الوجوب

Artinya: "Pada dasarnya, perintah itu menunjukkan hukum wajib."

Wallahu a'lam bishawab.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini