Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Covid-19 Bisa Lolos Kekebalan, Prokes Jangan Kendor!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 29 Agustus 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 29 620 2462751 waspada-covid-19-bisa-lolos-kekebalan-prokes-jangan-kendor-PNCeAlzNkN.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SELAMA masa pandemi Covid-19, banyak sekali istilah mengenai dunia medis yang diedukasikan kepada masyarakat. Salah satu istilah terbaru yang ramai diperbicangkan saat ini adalah lolos kekebalan atau biasa disebut immune escape. Lantas apakah penjelasan dari istilah tersebut?

Merangkum dari laman Instagram resmi Satuan Tugas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Minggu (28/8/2021), lolos kekebalan adalah kemampuasn suatu patogen yang telah bermutasi untuk lolos dari deteksi sistem imun yang telah terlatih melawan patogen yang asli akibat infeksi sebelumnya atau vaksinasi.

Lolos Kekebalan

Patogen yang telah bermutasi ini menjadi resistan terhadap kekebalan orang yang telah terbangun. Unggahan tersebut pun memberikan contoh yang lebih sederhana dalam mengartikan istilah lolos kekebalan terkait dengan situasi pandemi Covid-19.

Bayangkan sebuah gembok sepeda yang setiap bagiannya memiliki empat kemungkinan kunci. Bayangkan, jika gembok tersebut menyerupai virus yang memiliki 30 ribu bagian. Itulah keseluruhan sekuens genom dari virus Covid-19.

Lolos Kekebalan

Baca Juga : Baru Saja Vaksinasi Covid-19, Bisakah Donor Plasma Konvalensen?

Sesekali virus-virus tersebut bertambah banyak dan memenuhi bagian-bagian di gembok. Setiap kali virus menyebar, virus ini menyalin sekuens dan terkadang variasi ini dapat membyat virus sedikit lebih kuat, dan lebih dapat menyebar arau lebih dapat bertahan terhadap sistem imun dalam tubuh manusia.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tidak lengah. Ingat selalu untuk melakukan protokol kesehatan 3M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta Mencuci tangan pakai sabun untuk mencegah penularan Covid-19.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini