Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Kakek di Sleman Mendadak Jadi Miliarder, Terima Uang Segepok Rp4,5 Miliar

Harian Jogja, Jurnalis · Minggu 29 Agustus 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 29 620 2462938 5-fakta-kakek-di-sleman-mendadak-jadi-miliarder-terima-uang-segepok-rp4-5-miliar-H0ZNVQXUtN.jpg Warga Dapat Ganti Rugi (Foto: Harian Jogja)

JAKARTA - Pembebasan lahan yang terdampak tol Jogja-Bawen membuat sebagian besar warga Dusun Pundong 1, 2, 3 dan 4, Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, Sleman jadi miliarder dadakan.

Bagaimana tidak, warga yang mempunyai lahan ini mendapatkan uang ganti rugi hingga miliaran Rupiah. Salah satunya, kakek yang mendapatkan total Rp4,5 miliar.

Berikut fakta-faktanya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Minggu (29/8/2021).

1. Para Warga Terima Uang Ganti Rugi

Warga yang terdampak tol Jogja-Bawen telah menerima dana ganti rugi pada Kamis 19 Agustus 2021. Mayoritas penerima memprioritaskan duit ganti rugi untuk mencari lahan pengganti. Namun tetap saja ada yang membelanjakannya untuk berfoya-foya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda

2. Kamidi Kakek Jadi Miliarder

Kamidi warga Pundong 3, Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, berpenampilan sederhana. Warga Pundong itu memakai baju batik dengan peci hitam saat ditemui di rumahnya,

Padahal dia kini telah menjadi miliarder setelah lahannya terdampak proyek tol Jogja-Bawen. Meski sudah menjadi miliarder, sikap sederhana ditunjukkan Kamidi. Dia tidak ingin membelanjakan uang ganti rugi yang diperolehnya untuk foya-foya. Bahkan, dia melarang anaknya membeli mobil.

Baca Juga: Menteri PUPR: Jalan Tol Kurangi Tekanan Lalu Lintas Jarak Jauh

3. Kamidi Punya Lahan 1.000 Meter

Kamidi mengaku sejak 1962 merantau ke Sumatera. Dia baru kembali ke rumah asalnya sejak tiga bulan lalu, untuk mengurus keperluan pelepasan lahan. Dia memiliki lahan dua bidang seluas hampir 1.000 meter persegi.

“Pun nikmat jan jane, tapi kena tol, dibutuhkan pemerintah, gimana lagi,” katanya.

4. Dapat Ganti Uang Rugi Rp4,5 Miliar

Dua lahannya diganti rugi masing-masing senilai Rp2,1 miliar dan Rp2,4 miliar.

5. Larang Beli Mobil

Total ganti rugi yang diterima ini akan dibagi kepada enam anaknya, dan dibebaskan untuk membeli tanah atau rumah di mana saja. Namun dia berpesan kepada anak-anaknya agar tidak membelanjakan uang tersebut untuk membeli mobil dan kebutuhan konsumtif lainnya.

“Saya larang. Kalau mobil jangan lah. Mobil itu cuma barang apa. Tapi kalau lahan, perumahan, bisa berguna untuk masa depan anak. Kalau mobil tapi perutnya lapar ya payah. Pertama buat makan, kedua disimpan, buat jaga-jaga kalau sakit,” ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini