Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga Uno Ajak Pelaku Ekraf di Padang Perkuat Kolaborasi

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 620 2463251 sandiaga-uno-ajak-pelaku-ekraf-di-padang-perkuat-kolaborasi-TALwODLO0V.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Instagram @sandiuno)
A A A

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif di Kota Padang, Sumatera Barat memperkuat kolaborasi untuk dapat bersama-sama bangkit dari dampak akibat pandemi COVID-19.

Sandiaga juga mengatakan pandemi COVID-19 memberi tantangan yang sangat besar terhadap perekonomian masyarakat. Kemudian kerja sama atau kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk dapat membuka peluang usaha, dan menciptakan lapangan kerja.

Baca juga:  Apar Jadi Desa Wisata Favorit ADWI 2021, Sandiaga: Pantainya Indah dan Bersih

Menurut Sandiaga, kolaborasi ini adalah upaya untuk bekerja sama meningkatkan inovasi dan pokok pikiran, khususnya bagi para pelaku parekraf.

"Tapi juga membuka pikiran, bahwa sejatinya kita tidak seharusnya untuk saling bersaing, tapi bersanding. Bukan saling berkompetisi, tapi berkolaborasi," katanya dalam keterangan resminya saat hadir di acara Kabupaten Kota Kreatif (KaTa Kreatif) yang berlangsung di Hotel Truntum, Kota Padang beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia memberikan contoh sebagian masyarakat yang ada di Pantai Padang mengeluhkan, bahwa sedimentasi di pantai yang membuat ombak jadi berkurang sehingga mengurangi potensi wisata surfing wisatawan.

Sandiaga pun memberikan salah satu solusi, yakni bisa dilakukan oleh masyarakat dengan cara berkolaborasi. Target pelaku usah di Pantai Padang adalah surfer pemula, sementara untuk profesional di Mentawai.

"Jadi tidak berkompetisi dengan Mentawai, tapi berkolaborasi, berinovasi, juga beradaptasi. Jadi kita bisa buat travel pattern yang akan sangat menarik bagi wisatawan," ujarnya.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Ikonik di Tanah Datar, Kampungnya Lord Adi MasterChef Indonesia 8

Menparekraf bilang stimulasi berpikir seperti inilah yang coba dihadirkan Kemenparekraf bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota dalam kegiatan KaTa Kreatif. Terlebih di Kota Padang yang memiliki potensi yang begitu besar.

"Tidak hanya di sektor pariwisata, tapi juga ekonomi kreatif. Utamanya di sektor kuliner dan fesyen," terangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini