Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Pariwisata, Sandiaga Usul Dibangun Kereta Gantung di Setu Babakan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 620 2465735 tingkatkan-pariwisata-sandiaga-usul-dibangun-kereta-gantung-di-setu-babakan-bl9GagbA0x.jpeg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Setu Babakan, Jakarta Selatan (MPI/Sukardi)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Saniaga Uno menilai bahwa Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mampu menggerakan perekonomian masyarakat sekitar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, dirinya memiliki ide untuk membangun kereta gantung.

Baca juga:  Sandiaga: Kami Terkesan dengan Kampung Betawi Setu Babakan

"Seperti yang bisa dilihat, di seputar daerah Setu Babakan ini ekonominya hidup dan ada beberapa ide menarik yang bisa kita kolaborasikan misalnya membangun cable car atau kereta gantung," kata Sandiaga saat memberikan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Kampung Betawi Setu Babakan, Jumat (3/9/2021).

 Ilustrasi

Cendera mata ondel-ondel di Setu Babakan (MPI/Sukardi)

Menurut Sandiaga, jika pembangunan cable car dilakukan di Setu Babakan dan fasilitas tersebut terhubung dengan kereta listrik, itu akan sangat menarik untuk masyarakat DKI Jakarta agar semakin tahu dan mau berkunjung ke sini.

"Dengan dibangunnya cable car juga akan lebih menghargai kawasan ini yang total wilayah pengelolaannya mencapai 100 hektare lebih. Jadi, yang belum tahu dan mau ke Setu Babakan, akan lebih mudah lagi aksesnya," tambahnya. "Itu akan memaksimalkan pergerakan ekonomi di Setu Babakan juga," lanjutnya.

Baca juga:  Sandiaga Optimis Kuliner Padang Bisa Jadi Garda Terdepan Gastrodiplomasi

Sandi melanjutkan bahwa dengan memaksimalkan potensi yang ada di Setu Babakan, itu akan berdampak langsung pada masyarakat sekitar lokasi wisata karena destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Artinya, pengembangan desa wisata diharapkan dapat mempercepat kebangkitan perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19. Untuk itu, menambahkan fasilitas yang langsung menyasar pada masyrakat diperlukan, salah satunya kereta gantung tersebut.

"Setu Babakan sendiri adalah desa wisata ketujuh yang kami kunjungi dari 50 desa wisata terbaik. Harapannya hari ini adalah kami mendeklarasikan bahwa desa wisata perkampungan Betawi sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional," terang Menparekraf Sandiaga.

Ilustrasi

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan adalah suatu kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang tumbuh dan berkembang bersama Budaya Betawi dalam kesenian, adat istiadat, religi, kuliner, dan serta arsitektur.

Di dalamnya bisa disaksikan atraksi budaya Betawi seperti berlatih silat, menari, membatik, membuat kerak telor, dan menyaksikan pergelaran kesenian Betawi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini