Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejar Target Investasi Rp4.983 Triliun, KEK MBTK Ditetapkan Jadi Proyek Prioritas Strategis

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Minggu 05 September 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 620 2466327 kejar-target-investasi-rp4-983-triliun-kek-mbtk-ditetapkan-jadi-proyek-prioritas-strategis-7DCMaEXHVM.jpg Kejar Target Investasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan investasi sebesar Rp4.983,2 triliun sejak 2020 hingga 2024.

Untuk itu, Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ditetapkan sebagai Proyek Prioritas Strategis untuk Usulan Kegiatan Penyusunan Peta Peluang Investasi Tahun 2021.

Kemudian pemilihan proyek prioritas dianalisis secara keunggulan kompetitif dan komparatif, untuk selanjutnya disesuaikan dengan arah pembangunan yang akan dikembangkan oleh pemerintah dalam lima tahun ke depan melalui proyek strategis nasional untuk mendukung upaya pemerataan ekonomi yang berdaya saing.

Mengutip akun Instagram resmi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Minggu (5/9/2021), KEK MBTK merupakan salah satu proyek sektor pengembangan kawasan di Kalimantan, selain proyek Kawasan Industri Ketapang di Kalimantan Barat.

Saat ini, Kementerian Investasi/BKPM menyusun Peta Peluang Investasi Proyek Prioritas Strategis sebagai upaya dalam mencapai target investasi pada tahun 2020 hingga 2024 sebesar Rp4.983,2 triliun.

Peta Peluang Investasi diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif dalam bentuk pra-studi kelayakan untuk ditawarkan kepada investor potensi kelayakan suatu proyek.

Sebagaimana diketahui, dengan berlakunya Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan Investasi yang disahkan tanggal 4 Mei 2021, Kementerian Investasi/BKPM memandang pentingnya peningkatan dan pemerataan investasi.

Peta Proyek Strategis Peluang Investasi 2021 merupakan desain investasi yang terstruktur dalam bentuk pra studi kelayakan yang dianalisis dari berbagai aspek, infografis, dan informasi proyek berbasis spasial.

Mengutip laman Kementeriannya, dalam rangka meningkatkan investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi Republik Indonesia, maka hambatan dalam berinvestasi harus mampu diatasi dengan baik. Dengan itu maka akan menarik minat dan mempermudah para calon investor untuk berinvestasi di Indonesia.

Selain mempermudah para calon investor untuk mengerti mengenai sektor potensial untuk berinvestasi di Indonesia, penyusunan peta proyek strategis peluang investasi ini juga akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Semakin banyak investor yang berinvestasi di Indonesia, maka Indonesia dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, mengembangkan perekonomian daerah, dan meningkatkan devisa negara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini