Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Buat Buku Saku Halal untuk Tingkatkan Literasi Masyarakat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 620 2467308 kemenag-buat-buku-saku-halal-untuk-tingkatkan-literasi-masyarakat-Wh5mzuYYiR.jpg Ilustrasi halal. (Foto: Shutterstock)

BADAN Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama segera merilis Buku Saku Halal. Kehadiran buku ini dinilai akan menjadi salah satu upaya Kemenag dalam meningkatan literasi masyarakat tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Buku Saku Halal disusun hasil kerja sama BPJPH Kemenag dengan Pusat Pengkajian Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Baca juga: Hujan Turun, Baca Doa Ini Supaya Mendapat Berkah dari Allah Ta'ala 

"Buku saku ini membahas sejumlah topik penting tentang halal dan Jaminan Produk Halal. Harapannya, buku ini dapat meningkatkan khasanah literasi halal kita, sebagai upaya kita bersama untuk terus mendorong dan menyukseskan penyelenggaraan JPH di Indonesia," kata Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH Kemenag A Umar, dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa (7/9/2021).

Ilustrasi halal.

Peningkatan penguasaan literasi halal di masyarakat, menurut Umar, merupakan salah satu indikator penting dalam mewujudkan suksesnya penyelenggaraan JPH di Indonesia. Terlebih lagi cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia telah menjadi komitmen bersama.

Baca juga: Perusakan Rumah Ibadah Ahmadiyah di Kalbar, Menag Minta Aparat Segera Bertindak Tegas 

Oleh karena itu, upaya penanaman literasi perlu dilakukan secara serius bahkan sedini mungkin sebagai modal dasar untuk membangun ekosistem halal Indonesia yang kuat dan unggul di masa mendatang.

"Buku saku ini membahas sejumlah topik yang sangat menarik. Mulai dari konsep halal dalam Islam dan sains, urgensi mengonsumsi produk halal, regulasi tentang sertifikasi halal, dukungan pemerintah terhadap sertifikasi halal, halal sebagai global lifestyle, hingga bagaimana tata cara mendeteksi atau memastikan produk halal," paparnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini