Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Aktivitas Fisik untuk Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 620 2474431 3-aktivitas-fisik-untuk-jaga-imunitas-tubuh-selama-pandemi-covid-19-M8Lk0zgxqL.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SELAMA masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang melakukan aktivitas hariannya dari rumah. Alhasil tak sedikit masyarakat yang mengalami masalah kesehatan akibat kurang melakukan aktivitas fisik.

Merangkum dari lama Instagram resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta @dinkesdki, Jumat (17/9/2021), social distancing dan work from home cenderung membuat seseorang memiliki gaya hidup kurang gerak.

Studi menunjukan bahwa gaya hidup kurang gerak dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi virus. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan tetap hidup aktif selama masa pandemi Covid-19.

Berikut aktivitas fisik untuk membuat tubuh tetap aktif selama masa pandemi Covid-19.

1. Latihan aerobik

Aerobik

Latihan aerobik dapat dilakukan baik di dalam ataupun di luar ruangan dengan tetap mengutamakan social distancing dan free touch activity. Anda bisa jalan cepat sekeliling rumah atau baik turun tangga di dalam rumah selama 10-15 menit, sebanyak 2-3 kali sehari. Selain itu bisa juga melakukan dancing, senam aerobik via YouTube, dan lompat tali.

2. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan otot dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi di smartphone. Lakukan gerakan-gerakan seperti squat (jongkok berdiri, lunges, push-up).

Baca Juga : Setelah Sembuh Covid-19, Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Jaga Imunitas

3. Stretching Break

Hindari duduk sepanjang hari, lakukan peregangan setiap 2 jam sekali. Lakukan peregangan statis dengan menahannya selama 10-15 detik.

Hindari overtraining

Latihan fisik intensitas sedang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sedangkan latihan dengan intensitas tinggi justru akan menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan risiko infeksi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini