Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Verawaty Fajrin Kena Kanker Paru, Perempuan Lebih Mudah Kena dibanding Pria?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 620 2474583 verawaty-fajrin-kena-kanker-paru-perempuan-lebih-mudah-kena-dibanding-pria-hNvYwCxxWf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KABAR buruk datang dari Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin, dia tengah menderita kanker paru-paru sejak Maret 2020. Berkaca dari apa yang dialaminya, apakah perempuan memiliki risiko yang tinggi mengalami kanker paru-paru?

Memang bagi para perempuan, salah satu yang paling berisiko adalah payudara. Laporan HealthLine yang di-review Dokter Spesialis Onkologi dr Christina Chun, MPH, mengungkapkan bahwa perempuan lebih mungkin mengidap kanker paru-paru dibandingkan pria yang tidak ada hubungannya dengan merokok.

Ya, kanker paru-paru benar-benar dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal jenis kelamin ataupun dari mana Anda berasal. Asap rokok menjadi penyumbang masalah terbesar, karena bertanggung jawab atas 85 hingga 90 persen kasus kanker paru-paru secara kesleuruhan.

Lantas, apakah gejala kanker paru-paru pada perempuan sama dengan pria?

Kanker Paru

Dikutip dari laporan tersebut, berikut ini beberapa gejala kanker paru yang banyak dialami pada perempuan:

- Sesak napas

- Suara sesak

- Batuk atau mengi yang terus menerus dan memburuk hingga batuk darah

- Sakit dada

- Kesulitan menelan

- Penurunan berat badan tanpa alasan jelas

- Kelelahan

- Infeksi paru-paru berulang

"Bicara soal gejala, kanker paru-paru pada pria dan perempuan dapat menyebabkan gejala yang berbeda. Pada pria, kasusnya lebih banyak ditemukan masalah di saluran udara utama di paru-paru. Itu kenapa pria biasanya lebih parah batuknya dan susah bernapas," papar laporan tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (21/9/2021).

Nah, pada perempuan, gejala yang khas adalah kelelahan berlebih dan nyeri punggung atau bahu.

Lebih lanjut, ada perbedaan juga pada jenis kanker paru-paru yang dialami pria dan wanita. Secara umum, ada dua jenis kanker paru-paru, yaitu kanker paru sel kecil dan non-small sel kanker paru.

Kanker paru sel kecil umumnya jenis paling agresif dan mudah berkembang di tubuh. Sementara itu non-small sel kanker paru adalah bentuk yang lebih umum dari kanker paru yang memiliki 3 jenis; adenokarsinoma, skuamosa, dan kanker paru sel besar.

"Ketika perempuan didiagnosis kanker paru-paru, kebanyakan dari mereka lebih cenderung alami adenokarsinoma. Namun, pada pria jenis kanker paru yang banyak diidap adalah skuamosa yang disebabkan oleh rokok," papar laporan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini